get app
inews
Aa Read Next : PLN Beri Layanan Listrik Andal saat PEPARNAS XVII di Solo, Bukti BUMN Hadir untuk Indonesia

Atlet PEPARNAS XVII Berburu Oleh-oleh di Pasar Gede Solo, Teh Oplosan Jadi Incaran

Minggu, 13 Oktober 2024 | 01:04 WIB
header img
Para atlet dan PEPARNAS XVII Solo 2024 berburu oleh- oleh di Pasar Gede Solo, Sabtu (12/10/2024). Foto: Panitia PEPARNAS XVII Solo 2024.

SOLO, iNewsSleman.id – Para atlet dan ofisial peserta Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 berburu oleh-oleh di Pasar Gede. Mereka mencari buah tangan untuk dibawa pulang menjelang penutupan acara, Minggu (13/10/2024). 

Selain oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kampung halaman, tak ketinggalan mereka juga menikmati beragam kuliner di Pasar Gede Solo

Para peserta di antaranya membeli teh oplosan atau racikan dan wedang uwuh. Sedangkan makanan ringan yang juga dibeli antara lain ampyang, keripik belut, dan karak. 

"Tadi dapat pembeli dari kontingen Jawa Barat, yang dibeli teh, wedang uwuh sama karak. Wedang uwuh tadi tiga (bungkus), tehnya tujuh, gulanya tiga, karaknya tiga, habisnya sekitar Rp300.000. Buat oleh-oleh pulang," ujar Etik, salah satu pemilik kios di Pasar Gede solo, Sabtu (12/10/2024).

Etik mengaku sangat senang para atlet dan ofisial PEPARNAS XVII banyak berdatangan ke Pasar Gede Solo. Kedatangan mereka bisa mendongkrak omzet para pedagang.

"Hari ini baru ramai orang-orang pakai seragam PEPARNAS beli ke sini. Alhamdulillah senang banget, semoga selanjutnya lebih banyak lagi. Ini kan memperkenalkan oleh-oleh khas Solo ke orang-orang luar daerah," katanya.

Aneka kuliner maupun oleh-oleh khas Solo dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Salah satu yang menjadi incaran adalah teh oplosan atau racikan. Teh oplosan khas Solo ini dikenal wangi, sepet, legi (manis), dan kenthel (kental) alias wasgitel.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut