get app
inews
Aa Read Next : Pencurian Perhiasan Emas di Kulonprogo, Pelaku Rusak Jendela Rumah

1.006 Pelari Asal 32 Negara Ramaikan BiosfeRun di Perbukitan Menoreh

Minggu, 13 Oktober 2024 | 13:11 WIB
header img
Sejumlah pelari ambil bagian dalam BiosfeRun 2024 di Perbukitan Menoreh Kulonprogo, Minggu (13/10/2024). (foto: kuntadi)

KULONPROGO, iNewssleman.id - Sebanyak 1.006 pelari trail mengikuti BiosfeRun yang digelar Badan Otorita Borobudur (BOB) di Perbukitan Menoreh untuk mendukung keberadaraan Cagar Biosfer Merapi-Merbabu-Menoreh, Minggu (13/10/2024). Kejuaraan ini melintasi tiga kabupaten di Jawa Tengah dan DIY untuk mempromosikan pariwisata hijau yang dikemas dalam even sport tourism. 

“BiosfeRun ini rebranding event trail BOB Forest Run yang sudah dua kali digelar tahun 2022 dan 2023,” kata Direktur Utama BOB Agustin Perainginangin. 

Menurut Peranginangin, event trail run ini merupakan kali ketiga yang telah dilaksanakan setiap tahun. Pada 2023 lalu diikuti peserta dari 13 negara dan tahun ini ada 32 negara seperti Afghanistan, Australia, India, Rusia, Swiss, Taiwan, Zimbabwe dan beberapa negara lain. Sedangkan peserta dari dalam negeri berasal dari berbagai kota di Indonesia. Jalur lari melewati Kulonprogo (DIY), Purworejo dan Magelang (Jawa Tengah) di kelas 5K, 10K dan 21K

Rebranding ini merupakan salah satu mengampanyekan Cagar Biosfer sebagai bentuk nyata dari pariwisata hijau yang berkelanjutan. Harapannya seluruh elemen yang ada di masyarakat ikut peduli dalam urusan konservasi sebagai core value kawasan destinasi.

“Para pelari akan menjadi duta pariwisata hijau, bukan hanya pada saat mengikuti event, tetapi pada saat post-event. Harapan kami mereka dapat terus menyiarkan dan kembali ke Perbukitan Menoreh sebagai destinasi pariwisata olahraga di Kawasan Cagar Biosfer ini,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut