get app
inews
Aa Read Next : Hasto Wardoyo Optimistis Bisa Tangani Masalah Sampah di Jogja, Ini Solusinya

Dukung Pariwisata Jogja Aman, Polda DIY Siapkan Maswasis di Kawasan Wisata

Rabu, 16 Oktober 2024 | 11:33 WIB
header img
Kasubditbinpolmas Polda DIY AKBP Sudarmawan menyosialisasikan pembentukan Maswasis di kawasan pariwisata. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNewssleman.id - Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda DIY komitmen melakukan upaya preemtif dalam memelihara keamanan dan tertiban masyarakat (Harkamtibmas), khususnya pada sektor pariwisata. Mereka akan membentuk Pemolisian Masyarakat di Kawasan Pariwisata (Maswasis) yang ada di DIY.  

Kasubditbinpolmas Ditbinmas Polda DIY, AKBP Sudarmawan mengatakan, Kota Yogyakarta selama ini dikenal sebagai kota pariwisata. Setiap tahun jutaan wisatawan domestik maupun mancanegara datang di Kota Yogyakarta. Mereka menikmati liburan di sejumlah destinasi tersebar di seluruh DIY. 

“Pariwisata telah menjadi sektor penting dalam ekonomi DIY. Tidak hanya berkontribusi dalam ekonomi daerah tetapi menjadi sumber penghidupan masyarakat,” katanya. 

Terlepas dari kondisi ini, gangguan kamtibmas kerap muncul di kawasan pariwisata. Polisi memiliki peran penting dalam menjaga suasanan keamanan dan ketertiban masyarakat agar kunjungan wisatawan tidak turun. Salah satunhya mewujudkan suasana aman dan kondusif. 
 
Ditbinmas Polda DIY memiliki proyek perubahan atau inovasi gagasan sebagai solusi terhadap permasalahan yang dihadapi. Salah satu strategi yang disiapkan menggunakan pendekatan pemolisian masyarakat, berupa penerapan polmas kawasan pariwisata. 

Konsep ini berupa kegiatan kepolisian untuk mengajak masyarakat  melalui kemitraan anggota Polri dan masyarakat di kawasan Pariwisata. Mereka akan bersama-sama mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan kamtibmas di lingkungan Pariwisata serta mencari solusi penyelesaian masalah. 

“Selain penerapan pemolisian masyarakat di kawasan pariwisata juga menempatkan petugas polmas di kawasan itu,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut