get app
inews
Aa Read Next : Sah! 40 Anggota DPRD Kulonprogo Dilantik, Ini Daftarnya

Sah, Aris Syarifuddin Ketua DPRD Kulonprogo Periode 2024-2029

Rabu, 23 Oktober 2024 | 19:49 WIB
header img
Ketua Pengadilan Negeri Kulonprogo mengambil sumpah dan janji pimpinan DPRD Kulonprogo periode 2024-2029 di gedung DPRD Kulonprogo, Rabu (23/10/2024). (Foto: kuntadi)

KULONPROGO, iNewssleman.id- Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Aris Syarifuddin resmi menjabat Ketua DPRD Kulonprogo periode 2024-2029, setelah mengucapkan sumpah dan janjinya sebagai pimpinan DPRD Kulonprogo, Rabu (23/10/2024). Sedangkan Wakil Ketua I DPRD dijabat Lajiyo Yok Mulyono (Partai Gerindra) dan SUharto (PKB) sebagai Wakil Ketua II.  

Pelantikan pimpinan DPRD Kulonprogo ini dilaksanakan dalam sidang paripurna DPRD KUlonprogo yang dihadiri bupati, pimpinan OPD dan Forkopimda. Sebelumnya dilakukan pembacaan SK gubernur DIY terkait pengesahan pimpinan definitif.   

Penentuan pimpinan DPRD ini mendasarkan pada hasil perolehan kursi dari Pemilu 2024 lalu. PDIP meraih 13 kursi, disusul Partai Gerindra 6 kursi dan PKB 5 kursi. Sebenarnya ada juga Partai Golkar dan PKS yang juga meraih 5 kursi, namun perolehan suaranya PKB paling unggul. 

“Setelah pimpinan DPRD dilantik, maka saya akan segera menyelesaian pembentukan tataib agar bisa dilanjutkan pada pembentukan alkap (alat kelengkapan),” kata Aris. 

Aris Syarifuddin bukan orang baru di DPRD Kulonprogo. Mantan Lurah Ngestiharjo sebelumnya sudah dua periode menjadi wakil rakyat dan kembali terpilih pada Pemilu 2024. 

“Untuk penyusunan alkap nantinya akan dibagi secara proporsional sesuai perolehan kursi,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut