get app
inews
Aa Text
Read Next : Genius Idea Rambah Solo, Sasar UMKM hingga Perusahaan Internasional

Gratis, Produk UMKM Bisa Tampil di Halaman Depan PaDi UMKM

Sabtu, 12 April 2025 | 06:17 WIB
header img
Padi UMKM menjembatani produk UMKM dan Pembeli bisa bertransaksi di pasar digital. (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNewssleman.id - PaDi UMKM hadir sebagai platform digital untuk menjembatani UMKM selaku penjual dan BUMN atau perusahaan swasta sebagai pembeli. Produk UMKM kini bisa hadir di halaman depan platform ini secara gratis. 

EVP Digital Business & Technology Telkom Indonesia, Komang Budi Aryasa mengatakan, perusahaannya terus berkomitmen untuk menumbuhkan ekosistem digital Indonesia. Salah satunya mendorong kemajuan bisnis UMKM melalui platform PaDi UMKM. 

“Kami terus mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa dan kesejahteraan masyarakat, sebagaimana tercermin melalui PaDi UMKM yang telah mendorong kemajuan bisnis UMKM di Indonesia,” katanya, Jumat (11/4/2025). 

Platform ini menjadi marketplace B2B yang dapat menjadi ekosistem bisnis yang sehat dan berkelanjutan. UMKM bisa mengakses pasar yang luas, cepat, dan proses transaksi yang mudah tanpa birokrasi rumit. Sementara BUMN atau perusahaan swasta menginginkan pasokan barang atau jasa yang berkualitas dengan harga yang kompetitif, mudah dalam membandingkan dan memilih penawaran terbaik.   

PaDi UMKM menyediakan berbagai fitur dan program yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satunya program Collection Campaign untuk memudahkan transaksi antara UMKM dan BUMN, Pemerintah, serta Swasta. 

Collection Campaign merupakan kampanye yang mengelompokkan produk atau jasa dalam satu tema, kategori, atau kebutuhan tertentu di halaman muka marketplace PaDi UMKM. Semua produk dan jasa yang ditampilkan telah melewati proses kurasi dan diberikan kepada UMKM secara gratis. 

Ada dua pendekatan yang ditawarkan kepada UMKM. Pertama  mereka hanya mengisi formulir terlebih dahulu untuk dikurasi. Sementara yang kedua, tim PaDi akan menghubungi penjual terpilih secara langsung yang didasarkan atas data yang telah dikurasi.

“Collection Campaign dirancang untuk mendorong bisnis UMKM dengan cara meningkatkan transaksi penjualan bagi UMKM dan kemudahan bagi pembeli dalam menemukan produk unggulan,” katanya. 

Program ini sebenarnya sudah dijalankan sejak tahun 2023 untuk membantu pembeli dalam mencari vendor yang tepat di marketplace PaDi, menganalisa harga dan membandingkan produk. Program ini terbukti mampu meningkatkan exposure bagi UMKM yang sudah bergabung di PaDi.

Salah satu pelaku usaha yang telah merasakan manfaat program Collection Campaign adalah Ronald, pemilik UMKM Sinar Abadi. UMKM di bidang penyedia peralatan dan perlengkapan kantor ini sudah beroperasi 30 tahun dan bergabung di PaDi sejak 2020. 

“Kami memandang PaDi sebagai wadah yang cocok untuk mengembangkan bisnis, dan itu terbukti. Berjualan di PaDi sangat mudah, proses pembelian dan penagihannya bisa otomatis, dan bagi saya ini adalah kesempatan untuk menjangkau pasar atau calon pembeli yang lebih luas,” kata Ronald.

Menurutnya, dalam sebulan mereka bisa melakukan transaksi hingga 50 kali. Selama empat tahun belakangan, pendapatan Sinar Abadi meningkat hingga 30 persen dengan nilai transaksi Rp5 miliar setahun. 

“Melalaui Collection Campaign, produk-produk kami bisa terus berada di halaman muka sehingga dapat meningkatkan lagi potensi transaksi di PaDi,” ujar Ronald. 

Collection Campaign meruakan salah satu manfaat yang diberikan PaDi kepada UMKM. PaDi akan terus berinovasi untuk mendorong pertumbuhan bisnis UMKM dan ekosistem digital yang berkelanjutan guna mendorong pertumbuhan perekonomian bangsa dan kesejahteraan masyarakat. UMKM yang ingin bergabung bisa mendaftar di https://padiumkm.id/.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut