get app
inews
Aa Read Next : Dikawal Bregada NKH-Rini Indriyani Daftar Cabup-Cawabup di KPU Kulonprogo

Tidak Sekedar Jadi Penggembira, Ini Target Parpol Baru di Pemilu 2024

Sabtu, 18 Februari 2023 | 13:20 WIB
header img
Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia di Jl. Imam Bonjol No. 29, Jakarta Barat. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSleman.id - Kurang dari satu tahun lagi Pemilihan Umum (Pemilu) calon anggota legislatif akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Desember 2022 lalu telah menetapkan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 yang akan diikuti oleh 18 partai nasional dan 6 partai lokal Aceh.

Dari 18 partai nasional peserta Pemilu, tiga diantaranya merupakan partai baru yang belum pernah ikut Pemilu sebelumnya. Tiga partai tersebut antara lain Partai Gelombang Rakyat (Gelora); Partai Kebangkitan Nusantara (PKN); dan Partai Ummat.

Adapun Partai Buruh, partai yang dipimpin Said Iqbal ini termasuk partai lama yang didirikan sejak 1998 lalu, namun partai ini tidak ikut berpartisipasi sebagai peserta pada Pemilu 2019 lalu sehingga partai ini tidak memiliki perolehan suara sah nasional dan kursi DPR.

Data yang dihimpun oleh redaksi iNews Sleman, Partai Gelora dan PKN sama-sama menargetkan meraih minimal 4 persen suara sah nasional dan lolos ambang batas parlemen.

Sedangkan bagi Partai Ummat, partai yang didirikan oleh politisi senior Amien Rais ini juga menargetkan meraih minimal 4 persen suara sah nasional yang merupakan ambang batas parlemen. Lebih spesifik lagi, partai ini hendak menyasar 60 persen pemilih milenial dari total suara sah nasional yang diraih.

Sementara itu, Partai Buruh yang lahir sesaat setelah berakhirnya era Orde Baru pada 1998 lalu menargetkan raihan 7 juta suara pemilih dan lolos ambang batas parlemen serta menempatkan perwakilannya di DPR.

Editor : Ammar Mahir Hilmi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut