get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Kalurahan Condongcatur Buka Lowongan Pamong Kalurahan

Kalurahan Concat Gelar Musrenbang Susun Rencana Kerja Pemerintah Kelurahan

Rabu, 30 Agustus 2023 | 12:03 WIB
header img
Musrenbang yang Dilaksanakan Oleh Pemerintah Kalurahan Condongcatur, Selasa (29/8/2023). (Foto: Ist).

SLEMAN, iNewsSleman.id - Pemerintah Kelurahan Concat atau Condongcatur melaksanakan Musrenbang Kalurahan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (RKPKal) Condongcatur Tahun Anggaran 2024 bertempat di Pendopo Kalurahan Condongcatur, Selasa, (29/8/2023).

Dihadiri Panewu Anom, Kepala Jawatan Praja dan Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Depok, PMI Depok, BPKal Condongcatur, Lurah beserta Kasi, Kaur dan Staf, Lembaga Kalurahan (PKK, Karangtaruna, LPMKal) Dukuh beserta ketua sub unit LPMKal, PPS Condongcatur, Tokoh Masyarakat, perwakilan RW, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Paud, Pendamping Desa dan Tim Verifikasi Pembangunan serta Forum Anak Condongcatur.

Ketua penyelenggara Musrenbangkal Penyusunan RKPKal TA 2023, Riska Dian Nur Lesrari menyampaikan Rencana Kerja Kalurahan Condongcatur meliputi 5 bidang yaitu bidang penyelenggaraan pemerintah kalurahan, bidang pelaksanaan pembangunan kalurahan, bidang pembinaan kemasyarakatan, bidang pemberdayaan masyarakat dan bidang penanggulangan bencana, darurat dan mendesak.

Musrenbangkal ini merupakan tindak lanjut dari musduk dan muskal serta rencana rencana program pembangunan yang telah diverifikasi oleh tim beberapa waktu lalu.

Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengumpulkan pendapat dan usulan masyarakat kalurahan dalam proses perencanaan pembangunan di tingkat kalurahan dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa prioritas pembangunan yang diajukan mencerminkan kebutuhan dan aspirasi nyata masyarakat.

“Musrenbangkal juga bertujuan untuk menyusun rencana pembangunan kalurahan yang lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Ketua Penyelenggara Acara itu.

Panewu Anom Kapanewon Depok, Wawan Hariawan dalam sambutan dan arahannya menyampaikan hal hal yang menjadi titik berat kita dalam mengakselerasikan laju pembangunan di Kalurahan Condongcatur untuk bersama sama cermati dan dikawal.

“Salah satu yang perlu mendapatkan perhatian secara khusus adalah agenda di tahun 2024 Kapanewon Depok mengajukan atau menunjuk Kalurahan Condongcatur menjadi tempat Evaluasi Kalurahan Inovatif yang kemungkinan akan digabung dengan evaluasi Epdeskel dengan efisiensi. Mohon ini dapat terkawal dengan baik didalam dokumen RKP ini,” harap Penewu Anom Kapanewon Depok.

Menurutnya, Musrenbangkal akan menghasilkan output perkal RKPKal dan penjabaran APBKal TA 2024.

“Mari bersama mencermati rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pemkal. Mudah-mudahan musrenbangkal ini dapat berjalan dengan baik dan lancar menjadi satu tahapan yang penting yang benar benar pendukung penyelenggaran pembangunan di Kalurahan Condongcatur menjadikan Condongcatur semakin maju, semakin sukses semakin sukses dan semakin berjaya,” katanya.

Sementara Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji dalam sambutannya menyampaikan di tahun ini adanya beberapa rasionalisasi untuk berhemat sehingga anggaran yang tersedia dapat untuk penyelenggaraan kegiatan semuanya.

Musrenbangkal adalah kegiatan rutin tahunan dan setiap tahun kita semakin dapat belajar kita dapat mengambil peluang yang ada untuk Condongcatur yang lebih hebat.

Selanjutnya pemaparan program RKPKal TA 2024 disampaikan oleh Kasi Kaur Condongcatur sesuai bidangnya.

Sumber dana pemerintah kalurahan dalam melaksanakan program kerja bersumber dari PUPM, ADD, DD, SILPA, BKK (reguler dan Danais), PBH/ bagi hasil pajak.

Untuk tahun 2023, Condongcatur akan banyak mendapatkan BKK reguler atas bantuan dan kerjasama dengan anggota dewan melalui Pokir atau Pokok Pikiran.

Usai pemaparan program RKPKal TA 2024 dilanjutkan tanggapan dari peserta Musrenbangkal yang dipandu ketua penyelenggara dan ada tanggapan dari peserta yang sifatnya teknis.

Ketua BPKal Condongcatur Sunarto, menanggapi pelaksanaan Musrenbangkal RKPKal TA 2023 sudah sesuai dengan tahapan yang dilalui sebelumnya bahwa sesuai peraturan siklus tahunan kalurahan harus dilaksanakan sesuai jadwal dan tahapan yang telah ditentukan yaitu pada bulan Agustus 2023 RKPKal dapat disusun.

Harapannya pada bulan September 2023 rancangan disetujui sehingga pada bulan Desember APBKal Condongcatur TA 2024 dapat ditetapkan bersama BPKal sesuai tupoksinya bersama pemerintah kalurahan menetapkan peraturan kalurahan tentang APBKal TA 2024.

Musrembangkal Condongcatur Penyusunan RKPKal T.A 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar diikuti semua unsur serta demokratis yang mampu membangun kesepahaman.

Selain itu, juga menyepakati Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan Condongcatur Tahun 2024 yang dituangkan dalam Berita Acara penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (RKPKal) Condongcatur TA 2024 meliputi Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Kalurahan, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Kalurahan, Bidang Pembinaan Masyarakat Kalurahan, Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan dan Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak Kalurahan.

Berita Acara ditandatangani oleh Lurah Condongcatur dan Ketua BPKal Condongcatur dengan Saksi Saksi, Marijo (BPKal), Nuryanto (Pamong), Suprihadi (LPMKal), Kuwat (Tokoh Masyarakat), Sri Wahyuni (Wakil Perempuan), Taradiva Lintang (Karangtaruna) dan Dewi Nurlaila, Paud (PKK).

Pemberlakuan Undang Undang Desa dengan azas utama rekognisi dan subdiaritas mensyaratkan desa/kalurahan memiliki dokumen perencanaan pembangunan, keberhasilan pembangunan bertitik tolak dari perencanaan yang komprehensif, sistematis dan berkelanjutan.

Perencanaan pembangunan desa/kalurahan disebut baik apabila prosesnya melibatkan partisipasi kelompok kelompok penting masyarakat desa. Dengan terlibat masyarakat akan mengetahui skala prioritas kebutuhan yang dituangkan dalam program serta akan berperan aktif pada proses pelaksanaan dan monitoring hasil hasil pembangunan.

Editor : Bayu Arsita

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut