get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Kalurahan Condongcatur Buka Lowongan Pamong Kalurahan

Pemerintah Kalurahan Condongcatur Lantik Kaur Danarta Kalurahan

Senin, 02 Oktober 2023 | 21:37 WIB
header img
Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji Bersama Kaur Danarta yang Baru Dilantik, dan Pamong Kalurahan Condongcatur, Senin (2/10/2023).

SLEMAN, iNewsSleman.id - Pemerintah Kelurahan Condongcatur melaksanakan acara pengambilan sumpah/ janji jabatan Kaur Danarta bertempat di Pendopo Kalurahan Condongcatur, Senin (2/10/2023).

Acara itu dilaksanakan secara sederhana dan dihadiri Panewu Depok beserta jajaranya, Plt. KUA Depok, Koramil 11 Depok, Kapolsek Depok Timur, Pamong Kalurahan Condongcatur, BPKal, Perwakilan Lembaga Kalurahan Condongcatur
 
Sebelum pengambilan sumpah dilaksanakan pembacaan Surat Keputusan (SK) Lurah Condongcatur Nomor 188/Kep.Lurah/2023 tentang Mutasi Jabatan Saudari Fernandya Riski Hartantri, dari Kepala Urusan Tata Laksana menjadi Kaur Danarta

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji selanjutnya melakukan pengambilan sumpah jabatan Kaur Danarta kepada Fernandya Riski Hartantri yang di dampingi Rohaniawan dari KUA Depok dan 2 orang saksi Riska Dian Nur Lestari (Carik) dan Al Thouvik Sofisalam (Kamituwa) dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan Kaur Danarta.

Usai penandatanganan berita acara Lurah Condongcatur membacakan Naskah Pelantikan Fernandya Riski Hartantri sebagai Kaur Danarta Condongcatur sesuai dengan SK yang diberikan.

Dalam sambutanya usai melantik Kaur Danarta, Lurah Reno Candra Sangaji mengatakan bahwa ia percaya Kaur yang baru dilantik itu akan melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang dibebankan dan  sebelumnya telah menjabat Kaur Tata Laksana dengan dengan penilaian kompetensi dan kinerja yang cukup baik, dipandang mampu dan cakap menjabat Kaur Danarta.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Plt. Kaur Danarta yang sejak kosong dijabat oleh Bapak Rusmanto.

Panewu Depok, Wawan Widiantoro dalam sambutanya menyampaikan pesan kepada Lurah, Pamong, BPKal dan semuanya yang terlibat dalam penyelenggaraaan pemerintahan agar didasarkan pada 3 pondasi dalam penyelenggaraan pemerintahan kalurahan yang harus dipegang teguh oleh semuanya yaitu pondasi yang pertama adalah, Integritas, yang tidak bisa ditawar tawar lagi oleh siapapun yang terlibat dalam penyelenggaraan pemerintahan, apalagi di Condongcatur yang teramat seksi dari sisi keuangan maupun sisi politisnya.

"Integritas merujuk pada kesatuan, kesesuaian antara hati nurani, tindakan, ucapan, sikap dan moral," ujar Panewu Depok.

Selanjutnya, Pondasi keduaa adalah Law Enforcement/ Penegakan Hukum. Yang memiliki arti tentang setiap pamong harus memiliki, bersikap dan bertindak didalam membuat kebijakanya berdasarkan peraturan perundang undang yang berlaku.

Kepemimpinan berdasarkan Law Enforcement diharapkan dapat menjadi teladan bagi lingkungan yang dipimpinnya masing-masing mengenai integritas kepribadian orang yang taat aturan.

Pondasi ketiga adalah melengkapi pondasi yang pertama dan pondasi kedua yaitu itikad baik penyelenggara pemerintahan itu sendiri.

Panewu depok juga mengapresiasi tentang kebijakan Pemerintah Kalurahan Condongcatur dengan program pemberian bantuan pembangunan Rp. 40 juta/RW/ pertahun yang merupakan satu satunya yang ada di Kabupaten Sleman.

Dengan dana Rp. 40 juta X 64 RW maka berjumlah total Rp. 2.560 M dan Kapanewon Depok telah mengecek dilapangan memastikan pelaksanaan pembangunan di tingkat RW sudah sesuai, salah satu evaluasinya adalah adanya potensi kesulitan penyampaian SPJ-nya mengingat banyaknya pekerjaan yang dilakukan.

Menurut Carik Condongcatur, Riska Dian Nur Lestari Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 10 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pengisian dan Pemberhentian Perangkat Desa, Pasal 3 ayat (2) huruf a disebutkan "bahwa Pengisian jabatan perangkat desa dapat dilakukan dengan cara mutasi jabatan antar perangkat desa dilingkungan pemerintahan desa"

“Pemerintah Kalurahan Condongcatur sebelumnya telah mengkonsultasikan dengan Kapanewon Depok dan telah menerima surat rekomendasi Panewu Depok melalui Surat nomor 141/0737 tertanggal 27 September 2023 perihal Rekomendasi Mutasi Jabatan Kaur Tata Laksana menjadi Kaur Danarta Kalurahan Condongcatur dengan beberapa pertimbangan diantaranya Fernandya Riski Hartantri telah berpengalaman dalam pengelolaan penganggaran selama menjabat sebagai Kaur Tata Laksana dengan memahami tugas serta permasalahan yang ada dan sudah cukup lama menjadi pamong kalurahan condongcatur  serta loyalitas yang tinggi sebagai pamong Kalurahan Condongcatur,” ucap Carik Condongcatur.

Danarta mempunyai tugas membantu Carik melaksanakan urusan Keuangan dan mempunyai fungsi yaitu Pengelolaan administrasi keuangan, Pengelolaan administrasi sumber pendapatan dan pengeluaran, Verifikasi administrasi keuangan, Pengelolaan administrasi penghasilan Lurah, Pamong Kalurahan, Badan Permusyawaratan Kalurahan, dan lembaga pemerintahan kalurahan lainnya, Pengelolaan administrasi keuangan pemerintah kalurahan, Pembinaan dan pengoordinasian pemungutan pajak bumi dan bangunan dan Penyusunan laporan keuangan pemerintah kalurahan.

Dalam waktu dekat akan dilaksanakan pengisian Pamong Kalurahan Condongcatur bekerjasama dengan pihak Universitas terekreditasi A untuk formasi Jabatan Kaur Tata Laksana yang kosong dan Dukuh Tiyasan yang berhalangan tetap karena meninggal dunia yang dibuka seluas luasnya untuk masyarakat umum khususnya warga condongcatur yang memenuhi syarat dan kriteria.

Acara diakhiri pembacaan doa oleh Plt. KUA Kapanewon Depok, H. Fathoni, S.Ag dan pemberian ucapan selamat dari semua yang hadir

Usai dilantik sebagai Kaur Danarta, Fernandya Riski Hartanri, mohon doa dan bimbinganya sehingga dalam mengemban amanah dapat dilaksanakan dengan sebaik baiknya sesuai tupoksi dan program dan sesuai peraturan yang ada.

Editor : Bayu Arsita

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut