get app
inews
Aa Read Next : Kereta Api Mutiara Selatan Berhenti Luar Biasa di Klaten, Sejumlah KA Ikut Terdampak

Sejumlah Perjalanan KA Daop 6 Terdampak Banjir di Semarang

Kamis, 14 Maret 2024 | 14:33 WIB
header img
Ilustrasi – Perjalanan kereta api di lingkungan Daop 6 yang terdampak banjir di Semarang, Kamis (14/3/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Sejumlah perjalanan kereta api (KA) terdampak banjir di wilayah Semarang Kamis (14/3/2024). Ketinggian air yang lebih dari 10 sentimeter di atas kop rel, tidak memungkinkan dilewati perjalanan kereta api.

Titik banjir antara lain di petak Jalan Semarang Tawang-Alastua, Emplasement Stasiun Semarang Tawang dan Petak Jalan Mangkang-Kaliwungu. Jalur KA pada 3 titik tersebut tergenang air sejak Kamis dini hari.

Akibatnya, Stasiun Semarang Tawang saat ini tidak dapat melayani naik dan turun penumpang sampai dengan kondisi banjir teratasi. Kejadian juga berdampak pada KA yang melewati Daop 6 dan mengarah ke tujuan Semarang.

“Kami juga melaporkan bahwa imbas banjir, beberapa KA Daop 6 dibatalkan perjalanannya, seperti KA 161 (Joglosemarkerto) relasi Solobalapan-Tegal, KA 162 (Joglosemarkerto) relasi Tegal-Solobalapan, KA 207F (KA Banyubiru) relasi Solobalapan-Semarang Tawang, KA 210F (KA Banyubiru) relasi Semarang Tawang-Solobalapan,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro.

Selain itu, beberapa KA yang semestinya lewat jalur utara dialihkan perjalanannya melalui lintas selatan Solo-Yogyakarta-Kroya-Purwokerto-Cirebon. KA yang dialihkan melalui jalur selatan antara lain, 10 KA ke arah Jakarta, yakni Harina, Pandalungan, Brawijaya, Sembrani, Parcel Utara, Argo Bromo Anggrek, Kertajaya, Dharmawangsa, Majapahit, Blambangan.

Kemudian 8 KA ke arah Surabaya yakni, ayabaya, Sembrani, Pandalungan, Majapahit, Argo Bromo Anggrek, Harina, Parcel Utara, Gumarang. Bagi para pelanggan yang perjalanan KA-nya terimbas, KAI memberikan kompensasi sesuai regulasi yang berlaku, baik berupa service recovery maupun pengembalian tiket hingga 100 persen, tidak termasuk biaya pesan.

Proses pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

“Kami atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan. Saat ini petugas KAI terus berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal,” pungkasnya.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut