get app
inews
Aa Read Next : Dies Natalis ke-60, UNY Jadikan Pedukuhan Terbah dan Serut di Kulonprogo Jadi Kampung Emas

Keren, Mahasiswa UNY Cipakan Mainan Mekanikal Edukatif Berbahan Kayu

Selasa, 19 Maret 2024 | 10:30 WIB
header img
Salah satu mainan mekanikal automata karya mahasiswa UNY. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewssleman.id - Mahasiswa Prodi Kriya Fakultas Bahasa Seni dan BUdaya Universitas Negeri Yogyakara (UNY) Ben Reza Awang berhasil menciptakan mainan mekanikal automata berbahan kayu. Mainan ini dapat dinikmati semua kalangan karena didesaian, warna dan ukuran yang sangat menarik.

Menurut Reza dia tertarik membuat mainan mekanikal ini karena hobi. Dia juga banyak memiliki pengalaman dalam hidup sehari-hari. Reza telah merancang dan membuat beberapa jenis miniatur, figure, mainan elektrik maupun mekanik manual yang dapat dinikmati. 

“Ide membuat mainan ini dari film How to Train Your Dragon,” katanya.

Film tersebut menampilkan spesies naga yang sangat unik. Salah satu yang paling populer adalah Toothless yang menjadi panutan oleh semua naga–naga di sekitarnya. Selain itu spesies naga yang lain juga mempunyai bentuk, ukuran, kekuatan yang berbeda.

Mainan mekanikal edukatif ini menggunakan kayu balsa dan kayu jati Belanda serta finishing menggunakan cat akrilik, spary paint dan clear. Mainan yang dibuat menampilkan bentuk dan gerakan naga yang berbeda di setiap karya. Meski cukup sederhana, maianan ini mampu menghasilkan gerakan yang mirip naga. Mulai terbang ataupun aktivitas naga yang lain yang mengacu pada konsep estetika desain.

Sumber penggerak mainan mekanikal hanya satu dan berbentuk rotasi. Tidak seperti robot yang dengan putaran gear yang bisa dikendalikan. Penikmat mainan ini dapat melihat bentuk naga yang unik dengan diiringi dengan perubahan gerakan yang dinamis dari mekanik perputaran dan rotasi. Sehingga pemain mendapatkan edukasi gerakan kinetik yang dihasilkan.

“Teknik yang digunakan dalam proses penciptaan mainan mekanikal dragon ini adalah teknik ukir datar, teknik kerja bangku dan teknik scroll,” katanya.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut