get app
inews
Aa Read Next : Daftar Cabup Kulonprogo, Novida Kartika Hadhi Bawa Nasi Wiwit

Kisah UKM Bolosego, Lahir di Era Pandemi Covid Sukses di Social Commerce

Jum'at, 29 Maret 2024 | 11:30 WIB
header img
Head of PR Ninja Express Ribka Pratiwi menawarkan program bagi pengembangan UKM. (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNewssleman.id - Bolosego merupakan salah satu UKM asal Yogyakarta yang sukses merambah bisnis kuliner. Produk frozen food ini bisa dinikmati masyarakat karena ditawarkan secara online melalui peragai platform digital dengan pengiriman yang super cepat. 

PIC Ekspedisi Bolosego, Agatalika Dewa mengatakan, usahanya lahir saat pandemi Covid-19. Saat itu banyak hef dari berbagai hotel dan restoran yang tepaksa dirumahkan dari pekerjaanya. Dari situlah mereka berkumpul dan sepakat membuat makanan olahan yang bisa dibeli konsumen dengan mudah. 

“Awalnya da tiga varian produk, dari oseng mercon, iga mercon, dan rendang. Kalau sekarang sudah ada delapan dengan produk yang semakin bervariasi,” katanya. 

Untuk memasarkan produk yang mereka menggunakan pemasaran menggunakan Facebook. Setiap konsumen yang tertarik kemudian diminta berkomunikasi menggunakan WhatsApp. Setelah ada kesepakatan produk ini kemudian dikirimkan. 

“Untuk mengirim khususnya di luar Jawa kami gunakan PT Pos. Tetapi tidak bisa menjual dengan sistem COD,” katanya. 

Untuk meraih pasar, Bolosego sempat dijual dengan sistem pengiriman dan baru dibayar setelah paket diterima. Hal ini membuat beberapa produk tidak semuanya terbayar meski sudah dikirimkan. Ada konsumen nakal yang tidak membayar.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut