get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Sleman Gelar Penghargaan Nata Sembada

Sepakat, Pemkab Sleman dan Belitung Jalin Kerja Sama Atasi Inflasi

Senin, 22 April 2024 | 21:10 WIB
header img
Bupati Sleman Kustini menandatangi kerja sama dengan Pemkab Belitung dalam berbagai sektor. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewssleman.id - Pemerintah Kabupaten Sleman menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Ruang lingkup kerja sama mulai dari pengendalian inflasi daerah, hingga ekonomi kreatif dan pariwisata. 

Secara simbolis kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bupati Sleman Kustini dan Pj Bupati Belitung Yuspian di Ruang Rapat Sembada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Senin (22/4/2024).

"Melalui kerja sama ini kami harap juga dapat menguatkan pelaku UMKM, industri dan perdagangan yang akan memberikan dampak positif dalam pengembangan potensi pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif," kata Kustini. 

Kustini menilai, kemitraan dengan Pemkab Belitung ini dapat mendukung upaya Pemkab Sleman khususnya dalam penyelenggaraan urusan pangan, pertanian dan pengendalian inflasi daerah, pengembangan TIK, serta mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif baik di Kabupaten Sleman maupun di Kabupaten Belitung. Adapun ruang lingkup kesepakatan yang dilakukan oleh Pemkab Sleman dan Pemkab Belitung antara lain bidang pertanian dan ketahanan pangan dalam rangka pengendalian inflasi daerah, bidang pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), bidang ekonomi kreatif dan pariwisata, bidang perdagangan dan perindustrian, bidang koperasi dan UMKM, serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan kesepakatan bersama. 

Sementara itu, Pj Bupati Belitung, Yuspian mengatakan, kerja sama ini dapat membuka banyak kesempatan. Banyak potensi yang bisa dikerjasamakan bersama untuk peningkatan ekonomi. 

"Kerja sama ini tentu menjadi langkah yang baik dimana secara geografis Kabupaten Sleman dan Kabupaten Belitung jelas berbeda, begitupun dari masing-masing potensi yang dimiliki," jelas Yuspian. 

Selama ini komoditas beras, bawang merah dan bawang putih, pihaknya perlu mendatangkan dari luar Kabupaten Belitung. Selain itu, potensi gangguan cuaca di laut juga menjadi masalah tersendiri akan ketersediaan pasokan pangan sehingga rentan terjadi inflasi.  

Editor : Wisnu Aji

Follow Berita iNews Sleman di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut