get app
inews
Aa Read Next : Hasto Wardoyo Optimistis Bisa Tangani Masalah Sampah di Jogja, Ini Solusinya

Atasi Masalah Sampah di Jogja, Dosen dan Mahasiswa UST Yogyakarta Latih Warga Buat Ecobrik

Senin, 20 Mei 2024 | 16:47 WIB
header img
Dosen dan mahasiswa UST Yogyakarta melatih warga Monggang, Srihardono, Pundong, Bantul dalam pengolahan sampah plastik menjadi ecobrik. (foto: istimewa)

BANTUL,iNewssleman.id - Sampah masih menjadi permasalahan pelik di Kota Yogyakarta. Keterbatasan kuota Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan membuat banyak muncul tumpukan sampah di kota Yogyakarta.
 
Prihatin dengan kondisi ini, dosen dan mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun Akademik 2023 gelombang 1 dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta menggelar pengabdian masyarakat (Abdimas) di Desa Monggang Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka menggelar pelatihan pembuatan Ecobrick sebagai salah satu solusi mengatasi sampah di lingkungan.

“Pelatihan ini merupakan bagian dari acara Projek Kepemimpinan untuk mengembangkan soft skill mahasiswa PPG,” kata Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Irham Taufiq, Senin (20/5/2024).

Menurutnya, ecobrick adalah salah satu metode yang efektif untuk mengurangi volume sampah plastik dengan cara mengisinya ke dalam botol plastik bekas. Ecobrik bisa digunakan sebagai bahan bangunan ramah lingkungan.

Dosen dan mahasiswa juga memberikan sosialisasi untuk  meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah. Warga bisa memilah sampah plastik dan memanfaatkannya menjadi berbagai benda yang bermanfaat.

“Kampus komitmen untuk mendukung lingkungan yang bersih bebas dari sampah,” ujarnya.

Salah satu peserta pelatihan, Nasiti mengaku senang ikut dalam pelatihan ini. Pembuatan ecobrick bisa untuk mengurangi sampah di lingkungan keluarga.

“Kami juga jadi tahu bagaimana membuat sesuatu yang berguna dari limbah plastik," katanya.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut