get app
inews
Aa Read Next : Konser Sakeca Ansambel Memukau Penonton, Bawa Misi Pererat Hubungan Orang Tua dan Anak

3 Stasiun KA Jadi Venue Fun Run Stasioen to Stasioen, Pacu Sport Tourism di Solo

Sabtu, 01 Juni 2024 | 21:20 WIB
header img
Para peserta Fun Run Stasioen to Stasioen saat melakukan pengambilan racepack collection di Stasiun Solo Balapan, Sabtu (1/6/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Tiga stasiun kereta api (KA) di Kota Solo akan menjadi venue Fun Run Stasioen to Stasioen, Minggu (2/6/2024). Lari gembira dengan menempuh jarak 8 kilometer, bakal diikuti 600 peserta dari berbagai daerah di Jawa.

Dalam event Fun Run Stasioen to Stasioen, KAI Daop 6 Yogyakarta menyiapkan tiga stasiun yang akan dijadikan venue lari. Pertama adalah start dimulai dari Stasiun Purwosari. Kemudian Stasiun Solo Jebres sebagai venue check point, dan Stasiun Solo Balapan sebagai venue terakhir atau finish.

Pemilihan ketiga stasiun, selain didasarkan pada faktor kesesuaian aksesibilitas juga didasarkan pada faktor historis stasiun. Saat berlari nantinya, peserta akan diperlihatkan nilai sejarah, kekayaan, dan keindahan arsitektur masa lampau dari stasiun-stasiun bersejarah Kota Solo yang masih terjaga keasliannya.

“Seperti nama Stasiun Balapan, dulunya adalah tanah milik keraton yang lokasinya dipakai untuk balapan kuda. Karena untuk kebutuhan transportasi, maka dibuat stasiun di sini dan diberi nama Stasiun Solo Balapan,” kata Kepala Daop 6 Yogyakarta, Bambang Respationo di Stasiun Solo Balapan, Kota Solo, Sabtu (1/6/2024).

Sehingga, diharapkan para peserta juga mendapatkan nilai tambah yang positif dengan mengikuti kegiatan Fun Run Stasioen 2 Stasioen. Stasiun tidak hanya sebagai tempat naik turun penumpang kereta api, namun juga bisa digunakan untuk kegiatan positif lainnya dan tentu tanpa mengganggu flow penumpang.

Ketua Kadin Solo Ferry Septha Indrianto mengatakan, Fun Run Stasioen to Stasioen merupakan bagian dari sport tourism. Pihaknya ingin memberikan pengalaman baru kepada peserta yang 70 persen di antaranya berasal dari luar Solo.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut