get app
inews
Aa Text
Read Next : Autonomous Trem akan Diuji Coba dari Solo ke Wonogiri

Fun Run S2S, Sajikan Cuplikan Sejarah Stasiun Kereta Api di Solo

Minggu, 02 Juni 2024 | 16:20 WIB
header img
Lari Fun Run Stasioen 2 Stasioen (S2S) di Kota Solo, Minggu (2/6/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Ratusan warga mengikuti kegiatan lari Fun Run Stasioen 2 Stasioen (S2S) di Kota Solo, Minggu (2/6/2024). Para peserta sangat antusias dan mendapat pengalaman yang unik selama mengikuti lari sepanjang 8 kilometer.

Para peserta yang berjumlah sekitar 600 orang, mendapatkan pengalaman berlari berdampingan dengan Kereta Api (KA) Batara Kresna di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo. Para peserta juga melewati stasiun-stasiun bersejarah di Solo.

“Tiga stasiun bersejarah yang disiapkan untuk venue fun run adalah Stasiun Purwosari, Stasiun Jebres, dan Stasiun Solobalapan,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Minggu (2/6/2024).

Stasiun Purwosari yang dijadikan venue start, dulunya merupakan tanah milik Mangkunegaran yang diberikan kepada NISM untuk kepentingan pembangunan jalur KA. Stasiun Purwosari menjadi Stasiun kedua di Surakarta setelah Solobalapan yang dibuat NISM pada tahun 1875. Stasiun ini merupakan stasiun transit pertama di Solo yang memiliki stasiun percabangan jalur KA arah Surabaya dan Wonogiri.

Selanjutnya Stasiun Jebres yang dijadikan venue check point, merupakan stasiun yang dibangun pada tahun 1884 dan digunakan sebagai stasiun ujung bagi jalur percabangan Semarang-Surakarta dari lintas utara Jawa.

Tujuan pembangunan Stasiun Jebres oleh pemerintah Hindia Belanda untuk membantu pengangkutan barang berupa komoditas hasil tanaman industri, seperti gula dan tembakau yang menjadi andalan wilayah Karesidenan Surakarta.

Terakhir Stasiun Solobalapan yang menjadi venue finish dibangun tahun 1873. Sejarah berdirinya stasiun Balapan ini menarik untuk disimak. Lahan yang sekarang digunakan menjadi Stasiun Balapan, dahulunya merupakan Alun-Alun Utara milik Keraton Mangkunegaran.

Di dalam alun-alun terdapat pacuan kuda Balapan, pada masa Mangkunegoro IV. Lokasi lapangan pacuan kuda Balapan dianggap paling pas untuk menjadi sebuah stasiun, karena jalur rel bisa langsung mengarah ke Semarang. Akhirnya, pacuan kuda itu diubah menjadi sebuah stasiun, dan nama Balapan tetap dipertahankan.

Selain melewati Stasiun, para peserta juga melewati jalur KA yang berada di Jalan Slamet Riyadi. Jalur KA tersebut menjadi saksi sejarah pembangunan transportasi KA di Kota Surakarta. Setelah Stasiun Solo Balapan berdiri, rel KA dihubungkan dengan stasiun-stasiun yang berada di titik-titik strategis, yakni di Purwosari dan Jebres.

Stasiun-stasiun itu terhubungkan oleh rel-rel yang melewati tengah kota. Salah satu buktinya adalah jalur rel yang ada di tepi jalan Slamet Riyadi, jalur rel ini masih digunakan hingga sekarang. 

Fun Run Stasioen 2 Stasioen kali ini diikuti dengan sangat antusias oleh masyarakat Solo maupun luar daerah. Seperti diungkapkan oleh Pandu (32) yang berasal dari Semarang. Ia jauh-jauh mengikuti Fun Run Stasioen 2 Stasioen karena ingin mengenal Kota Solo berikut sejarahnya.

"Saya mengikuti fun run kali ini karena ingin menambah teman, terus juga ingin mengenal Kota Solo. Sangat seru fun run kali ini, Alhamdulillah juga mendapatkan medali. Semoga event selanjutnya selalu lebih baik," ujar Pandu.

Ikhsan (28) warga Magelang mengatakan, dirinya sering mengikuti fun run dan ini merupakan fun run yang berbeda dari sebelumnya dimana di sini bisa lebih mengenal sejarah transportasi kereta api di Solo.

"Fun run kali ini sangat seru, saya bisa ngerti sejarah transportasi kereta di Solo, tadi bangunannya heritage sekali Jebres. Semoga event ini bisa rutin ke depannya," ucapnya.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut