get app
inews
Aa Read Next : Dinkop dan UKM DIY Gelar Orientasi Saka Wirausaha untuk Lahirkan Pengusaha Baru di Sleman

Realisasi Belanja APBN Pengaruhi Kinerja Perekonomian DIY Positif

Selasa, 02 Juli 2024 | 21:15 WIB
header img
Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Kementerian Keuangan, Parjiono (tengah) memberikan paparan kondisi perekonomian di DIY. (foto: kuntadi)

YOGYAKARTA, iNewssleman.id - Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memiliki peranan yang cukup tangguh sebagai peredam kejut (shock absorber) terhadap perekonomian di DIY. Kucuran belanja negara memengaruhi kinerja positif perekonomian. 

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) DIY, Agung Yulianta mengatakan realisasi belanja negara di DIY mencapai Rp9,38 triliun sampai dengan 31 Mei 2024 atau tumbuh 11,29 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini dipengaruhi oleh kenaikan Belanja Pemerintah Pusat (BPP) sebesar 18,95 persen.

Pada sisi belanja barang dipengaruhi kontribusi kegiatan dukungan pelayanan kesehatan unit pelaksana teknis Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes yang mencapai Rp357,57 miliar. 

“Realisasi belanja pemerintah mencapai Rp4,38 triliun atau tumbuh 18,95 persen, yang didorong kinerja belanja pegawai, belanja barang, belanja modal, dan belanja bantuan sosial,” kata dia saat memaparkan APBN KiTA Regional DIY, Selasa ( 2/7/2023). 

Realisasi belanja begawai Rp2,07 triliun yang tumbuh solid hingga 13,99 persen dan realisasi belanja barang mencapai Rp1,69 triliun atau naik 25,47 persen yoy. Belanja modal ikut berkontribusi dengan peningkatan 19,52 persen yoy dengan realisasi yang mencapai Rp612,44 miliar. 

“Belanja bantuan sosial berupa pemberian beasiswa melalui KIP Mahasiswa yang tumbuh 12,99 persen dengan realisasi Rp10,51 miliar,” ujarnya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut