get app
inews
Aa Read Next : Kamagrista UNS Dorong Pemanfaatan Limbah Jahe di Genengan Karanganyar

Calon Rektor UNS Periode 2024-2029 Mengerucut 3 Nama, Siapa Kandidat Terkuat?

Rabu, 10 Juli 2024 | 00:45 WIB
header img
MWA UNS saat memberikan keterangan pers mengenai proses pemilihan Calon Rektor UNS yang mengerucut 3 nama. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Kandidat Calon Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masa jabatan 2024-2029 telah mengerucut tiga nama. Ketiga kandidat merupakan profesor yang berasal dari internal UNS.

Ketiga kandidat yakni Prof Dr Hartono, dr, M.Si (Fakultas Kedokteran UNS), Prof Dr Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS), dan Prof Dr E. Muhtar, S.Pd, M.Si, CFrA. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS). Mereka ditetapkan melalui Rapat Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) UNS.

Ketua MWA UNS, Prof Muliaman Darmansyah Hadad, Ph.D mengatakan, pihaknya dalam memilih Calon Rektor juga mempertimbangkan masukan warga kampus UNS yang telah terlaksana sejak 25 Juni sampai 2 Juli 2024. Selain itu juga reviu kertas kerja oleh Panelis dalam Forum Uji Publik Bakal Calon Rektor yang telah dilaksanakan 2 Juli 2024.

Dalam proses pemilihan calon rektor, MWA melakukan musyawarah dan tidak mencapai kata mufakat, sehingga dilakukan pemungutan suara secara tertulis, langsung, bebas, dan rahasia. Pemungutan suara dilakukan oleh seluruh anggota MWA yang hadir dalam rapat pleno MWA.

“Setiap anggota MWA memilih dengan cara melingkari nomor urut bakal calon rektor sebanyak 3 orang, dan anggota MWA termasuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memiliki hak suara yang sama. Bakal calon rektor yang mendapatkan suara terbanyak kesatu, kedua, dan ketiga ditetapkan sebagai calon rektor,” kata Muliaman, Selasa (9/7/2024).

Dalam proses pemungutan suara terhadap 5 Bakal Calon Rektor UNS, Prof Dr Ir Cucuk Nur Rosyidi, S.T, M.T (Fakultas Teknik UNS) mendapatkan 2 suara; Prof Dr Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS) 14 suara; Prof Dr Hartono, dr, M.Si (Fakultas Kedokteran UNS) 15 suara; Prof Dr E Muhtar, S.Pd  M.Si, CFrA (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS) 13 suara; dan Prof. Warsito S.Si, DEA, Ph.D (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung-Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) 1 suara.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut