get app
inews
Aa Read Next : Program Satu Sama Bunda, Pemkab Sleman Gandeng Kampus Tingkatkan Kualitas UMKM

Kenduren UMKM Soloraya 2024 Jadi Wadah Generasi Muda Berkarya

Sabtu, 27 Juli 2024 | 22:17 WIB
header img
Pembukaan Kenduren UMKM Soloraya 2024 yang digelar BI Solo di Solo Paragon Mal, Sabtu (27/7/2024). Foto: Ist.

Kenduren UMKM Soloraya 2024 mengangkat tema “Sinergi Memperkuat Generasi Muda untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”. Kenduren UMKM merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Bank Indonesia Solo sebagai puncak rangkaian pengembangan UMKM Soloraya.

Kegiatan ini merupakan apresiasi BI Solo kepada stakeholders terkait atas sinergi serta kolaborasi kuat dalam upaya pengembangan UMKM, sehingga menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Pertumbuhan ekonomi di masa mendatang akan banyak ditopang oleh peran generasi muda termasuk dalam pengembangan UMKM.

BI bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan stakeholders terkait, berkomitmen untuk mendukung UMKM yang diwujudkan pada rangkaian Kenduren melalui sejumlah langkah utama. Pertama, kurasi pelaku UMKM potensial dan produk-produknya bekerjasama dengan kurator lokal yang terdiri dari Pemerintah Daerah, Kerabat UMKM Soloraya (Kersa), dan stekeholders terkait lainnya.

Adapun kurasi tersebut menghasilkan 74 pelaku usaha potensial yang terpilih dari 358 pendaftar. Selanjutnya, sebagai upaya untuk memperkuat kualitas produk UMKM, juga dilakukan Sertifikasi Teknis Kurator Lanjutan pada tahun ini, sebagai penguatan potensi kurator lokal sehingga tercipta diversifikasi produk dan pengetahuan pasar terkini.

74 pelaku usaha lolos kurasi telah diberikan kesempatan untuk memperkenalkan produknya secara offline pada HUT Dekranasda ke-44 tahun 2024 yang dihadiri oleh Ibu Negara dan pengunjung seluruh Indonesia pada bulan Mei 2024.. Selain itu, juga ditampilkan pada puncak Kenduren tiga hari ini, serta akan diikutsertakan pada pameran Karya Kreatif Indonesia 2024.

Selanjutnya, pelaksanaan Pasar Bersama Kendalikan Harga (Berkah) sebagai bentuk dukungan nyata pengendalian inflasi daerah melalui kegiatan business matching antara petani dengan pelaku usaha di bidang kuliner. Pasar Berkah diharapkan dapat memangkas rantai pasokan menjadi lebih efisien, memberikan kepastian pasar bagi petani dan menjadi inspirasi generasi muda atas potensi usaha di bidang pertanian. Ketiga, keikutsertaan.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut