get app
inews
Aa Read Next : Pengobatan Gratis di Rail Clinic KAI Jangkau Ratusan Warga Solo

MilkLife Soccer Challenge – Solo Series 1 2024, Ini Sekolah yang Tampil Jadi Juara

Minggu, 28 Juli 2024 | 23:51 WIB
header img
Sekolah yang tampil sebagai juara dalam partai final MilkLife Soccer Challenge – Solo Series 1 2024 di Lapangan Kota Barat, Kota Solo, Minggu (28/7/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Partai final MilkLife Soccer Challenge – Solo Series 1 2024 di Lapangan Kota Barat, Kota Solo berlangsung seru, Minggu (28/7/2024). SD Kristen Manahan Solo tampil sebagai juara pada kelompok umur (KU) 10, dan SD Negeri Tempel Solo pada KU 12 tampil sebagai kampiun.

SD Kristen Manahan tampil sebagai jawara usai menumbangkan SD Al Azhar Syifa Budi dengan skor akhir 4-2. Sementara SD Negeri Tempel sukses mengatasi perlawanan sengit SD Negeri Cemara Dua dengan skor 2-1.

Pada babak final KU 12, kedua tim menerapkan strategi agresif yang saling menekan pertahanan lawan, sehingga membuat tensi permainan berlangsung tinggi sejak kick off. Tekanan yang dilancarkan oleh SD Negeri Cemara Dua segera berbuah gol satu menit setelah sepak mula melalui sepakan kuat dari kaki Nabila Amira Suryanto.

Hal tersebut membuat SD Negeri Tempel lantas mengatur fokus dan lebih sering melancarkan serangan. Sayang, hingga turun minum, skor tidak berubah 1-0 untuk SD Negeri Cemara Dua.

Usai restart, demi mengamankan gelar juara, skuad putri SDN negeri Tempel tak henti-henti mengirimkan gelombang serangan ke gawang lawan. Hasilnya, Adinda Resti Widayati berhasil menorehkan nama di papan skor dan membuat posisi imbang 1-1. Akhir dramatis terjadi ketika di menit-menit penghujung laga, Adinda lagi-lagi mencetak gol sehingga membuat sekolahnya unggul 2-1 dan memastikan timnya keluar sebagai juara.

“Awalnya sempat nangis di awal babak pertama karena tertinggal. Tapi aku ingat pesan bapak untuk tenang dan menguasai permainan, terus bisa bangkit menyerang dan balas dengan dua gol. Rasanya puas banget bisa capai target,” ucap Adinda Resti Widayati yang juga meraih gelar Top Scorer KU 12 dengan total 36 gol.

Suwanto, orang tua Adinda Resti Widayati mengaku bangga atas capaian yang diraih sang putri. Pria yang berprofesi sebagai buruh serabutan di sebuah agen gas elpiji ini mendukung penuh anak-anaknya yang ingin terjun di dunia sepak bola putri Indonesia.

“Saya bangga dengan pencapaian putri saya. Tentu hal ini tak lepas dari kerja keras serta tekad kuat Dinda. Dia berlatih setiap hari, pagi dan sore hari bahkan ketika badan sedang tidak fit pun Dinda memaksakan tetap berlatih. Sebagai orang tua tentu melihat semua kerja keras akan membuahkan hasil terbaik,” ucap Suwanto.

Beralih ke KU 10, permainan saling serang ditunjukkan sejak menit-menit awal babak pertama. Setelah tampak sama kuat, Tim SD Kristen Manahan mampu memecah kebuntuan dengan menjebol gawang SD Al Azhar Syifa Budi melalu sepakan yang dilancarkan oleh Ika Wonda yang membuat kedudukan unggul sementara. 

Pantang menyerah, SD Al Azhar Syifa Budi segera menyamakan kedudukan berkat tendangan bebas Syarafana Maritza Anggara, satu menit kemudian. Selanjutnya, aksi jual beli serangan pun terjadi sepanjang laga. Ika Wonda menjadi mesin gol dengan mencetak hattrick sepanjang laga dan membawa timnya meraih gelar kampiun dengan skor meyakinkan 4-2 atas SD Al Azhar Syifa Budi.

Kemenangan ini sekaligus membawa Ika sebagai pencetak gol terbanyak dalam gelaran MilkLife Soccer Challenge – Solo Series 1 2024 dengan torehan 32 gol.

“Senang banget akhirnya juara, pertandingannya seru tapi deg-degan takut kalah. Tapi aku terus semangat untuk #BeraniCetakGol. Terima kasih banyak untuk sekolah, supporter dan orang tua yang telah mendoakan dari Papua aku bertanding di Solo,” ucap Ika Wonda.

Partai Final MilkLife Soccer Challenge - Solo Series 1 2024 dihadiri oleh Wali Kota Solo Teguh Prakosa, KGPAA Mangkunegara X atau akrab disapa Gusti Bhre, Manager Akademi Persis Solo Sonny Agus Santoso, Exco dan Ketua Bidang Kompetisi PSSI Surakarta Hersoko, Perwakilan KONI Surakarta Agus Supriyoko, Kepala Bidang Olahraga Pendidikan dan Sarana  Prasarana Dinas Kepemudaan dan Olahraga Surakarta Mohammad Syamsu Rahman.

Wali Kota Solo, Teguh Prakosa menyambut positif gelaran MilkLife Soccer Challenge – Solo Series 1 yang berhasil mengumpulkan 389 siswi dari 24 SD dan MI untuk berpartisipasi. Teguh menilai, permainan sepak bola yang identik dimainkan oleh laki-laki juga dapat dimainkan oleh kaum hawa tanpa khawatir akan permainan yang melibatkan kontak fisik.

“Selamat kepada Djarum Foundation yang sukses menyelenggarakan turnamen sepak bola putri untuk KU 10 dan KU 12. Selamat kepada para juara, ingat hari ini kita tidak cari juara, tapi di hari ini kita semua bisa melihat bagaimana semua cabang olahraga termasuk sepak bola bisa diperankan oleh wanita. Saya yakin bahwa prestasi tidak harus akademik tapi juga bisa lewat olahraga,” ucap Teguh.

Sementara itu, Gusti Bhre yang turut hadir menyaksikan pertandingan final MilkLife Soccer Challenge – Solo Series 1 2024 menilai pentingnya turnamen sepak bola putri usia dini.

“Saya senang sekali ada turnamen sepak bola putri di usia dini. Karena ini kelompok usia yang sangat baik untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap sepak bola. Apalagi melihat antusiasme orang tua, para guru, dan kepala sekolah terutama adik-adik yang bermain dengan antusias, merekalah penerus masa depan sepak bola Indonesia,” ucap dia.

Berikut daftar pemenang MilkLife Soccer Challenge – Solo Series 1 2024:

Kategori Usia 10

Juara                                      : SD Kristen Manahan

Runner-up                           : SD Al Azhar Syifa Budi

Semifinalis                           : MIN Surakarta dan SD Negeri Cemara Dua

Top Scorer KU 10              : Ika Wonda – SD Kristen Manahan

Best Player KU 10              : Syafarana Naritza Anggara – SD Al Azhar Syifa 

Best Goalkeeper KU 10   : Mayuri Wistaraka – SD Kristen Manahan 

Fairplay Team KU 10                 : MIN Surakarta

 

Kategori Usia 12

Juara                                      : SD Negeri Tempel

Runner-up                           : SD Negeri Cemara Dua

Semifinalis                           : SD Al Azhar Syifa Budi dan MIN 9 Sragen

Top Scorer KU 12              : Adinda Resti Widayani – SD Negeri Tempel Surakarta

Best Player KU 12              : Nabila Amira Suryanto – SD Negeri Cemara Dua

Best Goalkeeper KU 12   : Jingga Zenandung Rimba – MIN Surakarta

Fairplay Team KU 12                  : MIN 9 Sragen

MilkLife Soccer Challenge – Solo Series 2 akan kembali hadir pada 24 hingga 27 Oktober 2024. 

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut