get app
inews
Aa Read Next : 5 Mahasiswa UGM Ciptakan Coolnest untuk Cegah Ayam Stres

Corpora Science, Membuka Pintu Riset Multi-Omics di Indonesia

Rabu, 31 Juli 2024 | 19:03 WIB
header img
Grand Launching Corpora Science Research Laboratory di University Club UGM Yogyakarta (31/7). Foto: Ist

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id - Era Revolusi Industri 5.0 telah membawa  ke era big data. Dalam bidang biologi dan kimia, khususnya bioinformatika, data besar ini membuka peluang besar untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang makhluk hidup.

Salah satu cabang ilmu yang sangat menarik adalah metabolomik, yaitu studi komprehensif tentang semua metabolit dalam suatu organisme. Metabolomik memiliki potensi besar dalam menemukan biomarker baru untuk berbagai penyakit, keamanan pangan, dan interaksi lingkungan.

Corpora Science hadir sebagai jawaban atas kebutuhan akan fasilitas riset kelas dunia di Indonesia. Berlokasi di Yogyakarta, laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan mutakhir, terutama Liquid Chromatography-High Resolution Mass Spectrometry (LC-HRMS) tipe Orbitrap Exploris 240.

Alat ini memungkinkan analisis yang sangat sensitif dan akurat dari berbagai molekul kecil dalam sampel biologis. Dengan adanya Corpora Science, peneliti Indonesia kini memiliki akses yang lebih mudah terhadap teknologi canggih yang sebelumnya hanya tersedia di negara maju.

Dalam sambutannya Hendy Dwi Warmiko pada Grand Launching Corpora Science Research Laboratory di University Club UGM Yogyakarta (31/7) menekankan pentingnya fasilitas ini dalam mendorong penelitian di bidang omics seperti proteomik, metabolomik, dan lipidomik. "Corpora Science hadir sebagai solusi agar peneliti Indonesia dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam dan inovatif," ujar Hendy.

Hendy Dwi Warmiko menekankan teknologi ‘omics’ pada umumnya masih didominasi oleh negara-negara maju dan peneliti-peneliti di Indonesia masih kesulitan untuk akses alat Spektrometri Massa Beresolusi Tinggi tersebut.

Oleh karena itu Corpora Science dibentuk sebagai salah satu solusi agar adanya fasilitas riset yang dapat dijangkau oleh semuanya untuk menunjang penelitian berbagai omics, yakni proteomics, metabolomics, dan lipidomics yang merupakan bidang ilmu yang advanced. Hendy memiliki banyak pengalaman di bidang riset, aplikasi, sertifikasi dan penggunaan alat LC-HRMS Orbitrap.

"Corpora Science dibentuk sebagai salah satu solusi agar adanya fasilitas riset yang dapat dijangkau oleh semuanya untuk menunjang penelitian berbagai omics, yakni proteomics, metabolomics, dan lipidomics yang merupakan bidang ilmu yang advanced," kata Hendy

Peneliti Pusat Riset teknologi Progres Pangan BRIN, Anjar Widarsih mengatakan Semoga dengan adanya Corpora Science, mimpi untuk menjadikan kolaborasi antara peneliti dan industri akan tercapai, apalagi disini kita meneliti multi-omics studies yang saat ini menjadi penelitian yang sangat menarik dan dibutuhkan oleh banyak peneliti maupun akademisi.

 

 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut