get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Kerja, Pekerja Migran Indonesia Asal Kulonprogo Meninggal di Papua New Guinea

Cegah Stunting, BKKBN Bedah RTLH di Kulonprogo

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 19:28 WIB
header img
Pegawai BKKBN melaksanakan bedah rumah tidak layah huni di Kokap, Kulonprogo untuk mencegah stunting, Sabtu (24/8/2024). (foto: kuntadi)

KULONPROGO, iNewssleman.id - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan progam bedah rumah tidak layak huni (RTLH) di Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kulonprogo, Sabtu (24/8/2024). Kegiatan sosial ini menjadi salah satu upaya mnecegah stunting yang kerap diawali karena buruknya sistem sanitasi. 

Ada tiga rumah yang menjadi sasaran bedah rumah tidak layak huni ini. Semuanya berada di Kalurahan Hargowilis, Kokap yakni rumah Slamet Riyadi di Pedukuhan Klepu, rumah milik Gunaryo di Tegalrejo dan satu lainnya berada di Pedukuhan Clapar. 

“Bedah rumah ini menjadi bagian untuk mencegah stunting, karena 70 persen dipengaruhi buruknya sanitasi,” kata Ketua BKKBN Hasto Wardoyo, saat memimpin bedah rumah, Sabtu (24/82024). 

Sasaran bedah rumah ini merupakan keluarga dalam usia subur dan memiliki balita atau ibu hamil. Program ini bekerja sama dengan Kementerian PUPR dan juga Rumah Zakat dan didukung dari APBN dan APBD. Salah satunya mmebangun dapur sehat dan fasilitasi jamban bersih. 

Hasto mengatakan, dalam rangkaian ini juga dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam pencegahan stunting. Selain itu juga digelar layanan program KB.

“Kami juga bagikan bantuan sembako dan makanan tambahan kepada anak-anak rentan stunting,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut