get app
inews
Aa Read Next : Pengobatan Gratis di Rail Clinic KAI Jangkau Ratusan Warga Solo

Jelang Perayaan Sekaten, Keraton Solo Gelar Wilujengan

Senin, 26 Agustus 2024 | 01:45 WIB
header img
Acara wilujengan digelar Keraton Solo menjelang perayaan Sekaten di Kota Solo, Minggu (25/8/2024) malam. Foto: AW Wibowo

SOLO, iNewsSleman.id – Acara wilujengan digelar menjelang perayaan tradisi Sekaten di Kota Solo, Minggu (25/8/2024) malam. Wilujengan digelar di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo).

Acara wilujengan dilaksanakan dengan menggelar selamatan secara sederhana. Doa dipanjatkan agar kegiatan Maleman Sekaten berjalan lancar dan selamat.

“Yang mengais rezeki di sini (Sekaten) dilimpahkan rezekinya, tidak ada yang rugi. Ini saling mendukung untuk suksesnya Sekaten,” kata Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Solo GKR Wandansari (Gusti Moeng).

Keraton Solo setiap menggelar acara, lanjutnya, terlebih dahulu melaksanakan wilujengan dengan memanjatkan doa kepada Tuhan agar diberikan keselamatan. Pada 9 September 2024 nanti akan turun gamelan Sekaten, dan digelar Grebeg pada 16 September 2024.  

Ketua Lembaga Eksekutif LDA Keraton Solo KP Eddy Wirabumi mengatakan, acara Sekaten tahun 2024 memiliki keterbatasan mengingat Alun-alun Keraton Solo tengah direvitalisasi.

“Sehingga perayaan Sekaten dilaksanakan di halaman Pagelaran, dalam Pagelaran, Sebagian lapangan parkir depan Masjid Agung, dan Pasar Klewer sisi timur,” kata Eddy Wirabumi.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut