get app
inews
Aa Read Next : Tabrak Truk Tronton Pecah Ban, Pemotor di Kulonprogo Tewas

2 Pelintasan Sebidang Ditutup, PT KAI: Rawan Kecelakaan

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 07:53 WIB
header img
PT KAI mentup pelintasan sebidang di Ngulakan, Hargorejo, Kokap yang dinilai rawan memicu terjadinya kecelakaan. (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNewssleman.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta menutup dua pelintasan sebidang karena rawan memicu terjadinya kecelakaan. Masyarakat diimbau untuk tetap berhati-hati. 

Dua pelintasan sebidang yang ditutup, selama ini tidak terjaga di JPL 673 KM 510+4/5 antara Stasiun Kedundang- Wates, tepatnya di Dusun Ngulakan, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Selain itu juga di KM 3+1/2 Ds Kronelan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.


“Sampai bulan Agustus ini kami sudah menutup enam pelintasan sbeidang selama 2024,” kata Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Jumat (30/8/2024). 
 
Penutupan ini mendasarkan pada Pasal 2 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 94 Tahun 2018, pelintasan sebidang yang tidak memiliki Nomor JPL, tidak dijaga, dan/atau tidak berpintu yang lebarnya kurang dari 2 m harus ditutup atau dilakukan normalisasi jalur kereta api. Penutupan ini juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Kerap pelintasan ini menjadi salah satu titik rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Sebelum ditutup, Tim Daop 6 telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitarnya. Upaya penutupan perlintasan sebidang ilegal ini sejalan dengan aturan pada UU No 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian, UU No 22 /2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 94 Tahun 2018 pasal 5 dan 6.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut