get app
inews
Aa Read Next : HUT SMKN 7 Purworejo ke-20, Pusat Sekolah Keunggulan Bawa Siswa Magang ke Jepang

Kirab Budaya Abhipraya Saujana Warnai Peringatan HUT SMA N 1 Sentolo ke-45

Selasa, 03 September 2024 | 22:04 WIB
header img
Siswa SMA N 1 Sentolo mengarak gunungan dalam rangkaian kirab budaya memeringati HUT sekolah ke -45, Selasa (3/9/2024). (foto: kuntadi)

KULONPROGO, iNewssleman.id - SMA Negeri 1 Sentolo, Kulonprogo genap berusia 45 tahun. Puncak peringatan digelar dengan menggelar kirab budaya mengusung tema ‘Abhipraya Saujana” menampilkan berbagai kreasi dan atraksi seni dan lomba tumpeng.  
 
Kepala SMAN 1 Sentolo Didik Asmiarto mengatakan peringatan tahun ini dikemas dalam kegiatan seni dan budaya. Abhipraya Saujana memiliki makna cita-cita atau harapan di masa depan yang lebih baik. 

“Kegiatan ini juga menjadi panen karya proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) bertemakan kearifan lokal,” katanya. 

Kirab budaya ini diikuti seluruh siswa, guru dan karyawan. Mereka menampilkan berbagai bentuk dari kirab bregada, arak-arakan gunungan, dolanan anak hingga ogoh-ogoh. Sebelumnya para siswa mengikuti upacara. Kirab mengitari wilayah di sekitar sekolah dan disaksikan masyarakat sekitar.  

“Kami ingin siswa bisa mengenal budaya. Karena penggunaan gadget yang berlebihan menjadikan siswa tidak kenal budaya Jawa yang adi luhung,” ujarnya. 

Sebelumnya, juga telah dilaksanakan lomba di internal sekolah maupun mengundang dari skeolah lain. Selain itu juga ada konser musin dan jalan sehat seluruh warga sekolah.  
 
“Peringatan ini harus menjadi momentum evaluasi dan refleksi diri dalam upaya memajukan sekolah. Siswa harus rajin dan disiplin belajar untuk meraih prestasi,” katanya.  

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut