get app
inews
Aa Read Next : Kamagrista UNS Dorong Pemanfaatan Limbah Jahe di Genengan Karanganyar

Profil 4 Dosen UNS yang Masuk dalam Top 2% Scientist Worldwide

Sabtu, 28 September 2024 | 00:01 WIB
header img
4 Dosen UNS Solo masuk daftar World’s Top 2% Scientist 2024. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Sebanyak 4 Dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masuk daftar World’s Top 2% Scientist 2024 yang dirilis oleh Elsevier dan Stanford University. Mereka merupakan bagian dari sekitar 100.000 ilmuwan teratas di dunia dan 150 ilmuwan di Indonesia yang mendapatkan penganugerahan ini.

4 dosen UNS yang dimaksud adalah Prof. Ir. Agung Tri Wijayanta, S.T., M.Eng., Ph.D., dari Fakultas Teknik (FT); Dr. Ir., Wakhid Ahmad Jauhari, S.T., M.T. dari FT; Dr.Eng. Nugroho Agung Pambudi, M.Eng., dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP); dan Dr. Ir. Aditya Rio Prabowo, S.T., M.T., M.Eng., dari FT.

Prof. Agung Tri Wijayanta merupakan Guru Besar di bidang Ilmu Teknik Mesin FT UNS. Kepakarannya pada bidang perpindahan panas dan teknik termal. Latar belakang Pendidikan Agung meliputi gelar Ph.D., dan M.Eng., di bidang Teknik Mesin dari Universitas Kyushu Jepang. Karyanya di bidang perpindahan panas telah banyak diakui dan dipublikasikan secara internasional.

Sepanjang 2023 hingga kini, sebanyak 20 artikel telah terpublikasi di jurnal internasional terindeks. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 75 artikel yang terpublikasi selama 10 tahun terakhir. Selain itu terdapat 6 artikel yang terpublikasi pada prosiding internasional terindeks sepanjang 2023 hingga kini. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 38 artikel yang terpublikasi sejak 2015.

Sementara, Dr Wakhid merupakan Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Industri FT UNS. Ia saat ini menjabat sebagai kepala pada prodi. Wakhid menyelesaikan studi sarjana hingga doktor pada Prodi Teknik Industri di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Penelitiannya berfokus manajemen persediaan supply chain.

Sepanjang 2023 hingga kini, 7 artikel telah terpublikasi di jurnal internasional terindeks. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 51 artikel yang terpublikasi selama 10 tahun terakhir. Selain itu terdapat 11 artikel yang terpublikasi pada prosiding internasional terindeks sepanjang 2023 hingga kini. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 54 artikel yang terpublikasi sejak 2015.

“Terdapat artiket yang spesial bagi saya karena berhasil terbit di top tier journal, yaitu Journal of Cleaner Production. Paper tersebut hasil kolaborasi penelitian dengan mahasiswa bersama peneliti dari Malaysia dan india,” kata Dr Wakhid, Jumat (27/9/2024).

Sedangkan Dr. Eng. Aditya Rio Prabowo adalah pakar di bidang rekayasa dampak, arsitektur kelautan, dan investigasi kecelakaan laut yang dimiliki UNS. Selain itu, ia juga meneliti ketahanan benturan struktural pada kapal dan struktur laut.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut