get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut di Kulonprogo, Bus Tabrak Mobil dan Motor, 2 Tewas dan 2 Luka

Sendratari Sugriwa-Subali Pukau Pengunjung Festival Gempah Rempah di Lereng Gunung Bromo

Senin, 30 September 2024 | 08:18 WIB
header img
Sejumlah seniman Kulonprogo menampilkan sendratari Sugriwa-Subali dalam Festival Gemah Rempah Loh Jiwani di Lapangan Tosari. Pasuruan, Sabtu (28/9/2024). (Foto: kuntadi)

PASURUAN, iNewssleman.id - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Kabupaten Kulonprogo menggelar misi budaya di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (28/9/2029). Sendratari Sugriwa-Subali yang ditampilkan dalam Festival Gemah Rempah Loh Jiwani di Lapangan Tosari, Pasuruan ini memukau ribuan pengunjung. 

“Penampilannya sangat bagus sekali, tadi penonton sampai bersorak-sorak,” kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Ika Ratnawati.

Menurutnya, cerita Sugriwa-Subali ini hampir sama dengan kesenian yang ada di Pasuruan. Sehingga masyarakat sudah sangat paham dengan cerita yang diambil dari kisah Ramayana ini. Hanya ada sedikit perbedaan pada nama-nama tokoh yang ditampilkan. 

“Ini sangat menghibur dan masyarakat cukup senang,” katanya. 


Dinas Kebudayaan Kulonprogo menggelar misi budaya dengan menampilkan Sendratari Sugriwa-Subali di Lapangan Tosari, Pasuruan, Sabtu (28/9/2024). (foto: kuntadi)

Festival Gemah Rempah ini sebenarnya menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1.095. Rangkaian kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 16 September 2024 di empat kecamatan di lereng Gunung Bromo. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini digelar lebih semarak karena mendapat dukungan dana dari Kementerian Pendidikan. 

Festival ini lebih untuk mengenalkan potensi rempah-rempah yang ada di Pasuruan. Selama ini potensi yang ada belum banyak dikenal dan masyarakat kurang fous dalam memelihara. Mulai dari jahe, kunyit, laos, Serai hingga rempah krangean yang paling dikenal. 

“Rempah-rempah di sini berbeda dengan yang ada di bawah. Apalagi krangean bisa untuk obat,” katanya.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut