SOLO, iNewsSleman.id – Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo relasi Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo menjadi KA penumpang pertama yang melintas di atas rel layang Simpang Joglo di Kota Solo, Rabu (30/10/2024) pagi pukul 08.40 WIB. Hal ini menandai beroperasinya jalur KA single elevated petak Solo Balapan-Kadipiro (3 Kmsp) dan jalur ganda KA petak Kadipiro-Kalioso (8 Kmsp).
Kepala BTP Kelas I Semarang, Rudi Pitoyo menuturkan, pihaknya sejak Senin (28/10/2024) lalu melakukan pemeriksaan lapangan bersama (joint inspection) dengan PT KAI Daop 6 Yogyakarta. Selasa berikutnya dilanjutkan kegiatan persiapan switch over (SO) di lima titik dan pra SO di dua titik.
“Setelah uji beban dan analisisnya di pekan sebelumnya, kami segera menyiapkan pelaksanaan switch over berupa perubahan layout di Stasiun Kadipiro, pekerjaan peningkatan persinyalan mekanik ke persinyalan elektrik di Stasiun Kalioso dengan penambahan 1 jalur (semula 3 jalur menjadi 4 jalur),” kata Rudi melalui siaran pers yang dikutip, Kamis (31/10/2024).
Sejak Selasa sore, Rabu dini hari sampai Rabu pagi dilakukan pra SO 2 titik lokasi di Stasiun Kalioso. Segala persiapan dilakukan secara cermat berkoordinasi dengan operator, mengingat window time yang terbatas.
“Secara prinsip, kita pastikan pekerjaan track dan persinyalan di lintas tersebut mengutamakan keselamatan dan minim gangguan terhadap perjalanan KA,” ucapnya.
Kepala Seksi Prasarana Perkeretaapian, Riska Sasanti mengatakan, teknis switch over menyambungkan jalur eksisting ke jalur elevated baru antara Solo Balapan- Kadipiro serta pengaktifkan double track antara Kadipiro-Kalioso.
“Kereta pertama di rel layang Joglo (Solo Balapan - Kadipiro) tadi masih melintas dengan pembatasan kecepatan 40 km/jam. Secara berkala kami evaluasi kecepatan operasional sampai KA dapat melintas normal sesuai dengan perencanaan. Ini dilakukan dalam rangka memantapkan jalur baru, termasuk pembiasan masinis terhadap jalur baru,” kata Riska.
Lebih jauh Rudi melanjutkan, lancarnya pendinasan jalur layang KA merupakan sinergitas BTP Semarang, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Pemkot Solo, PT KAI Daop 6 Yogyakarta serta Kementerian Pekerjaan Umum.
Dengan berdinasnya KA di jalur layang, kawasan Simpang Joglo akan semakin tertata, Kementerian Pekerjaan Umum dapat melanjutkan penyelesaian pembangunan underpass Joglo, Pihaknya juga melakukan percepatan pembangunan jalur hulu petak Solo Balapan-Kadipiro dalam rangka penyelesaian double track ultimate.
“Harapan kami, awal tahun 2025 lalu lintas di area Simpang Joglo makin lancar tanpa persinggungan jalur KA dengan kendaraan bermotor, keselamatan perjalanan KA meningkat demikian juga dengan keselamatan pengguna jalan,” ucapnya
Dirinya mengimbau khususnya untuk masyarakat di antara Stasiun Kadipiro-Stasiun Kalioso agar semakin waspada saat melintas di area jalur KA. Sebab saat ini KA sudah beroperasi di 2 jalur. BTP Semarang sudah membangunkan 5 pos jaga beserta pintu perlintasan antara Kadipiro-Kalioso.
“Pesan saya, tengok kiri kanan sebelum melintas, tetap berhati-hati, waspada, patuhi rambu dan marka mendekati area perlintasan kereta api untuk keselamatan bersama,” ucapnya.
Editor : AW Wibowo