get app
inews
Aa Text
Read Next : Tambah 700.000 Pelanggan Baru, Indosat Bukukan Pendapatan Rp13,57 Miliar di Kuartal I 2025

Telkom Indonesia Kembangkan Netmonk Prime Sebagai Solusi Monitoring Jaringan

Jum'at, 27 Desember 2024 | 18:50 WIB
header img
Telkom Indonesia mengembangan Netmonk Prime sebagai dashboard untuk monitoring jaringan yang bisa menjadi solusi pengembangan jaringan perusahaan. (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNewssleman.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengembangkan Netmonk Prime sebagai monitoring jaringan untuk memastikan koneksi yang andal. Produk ini merupakan dashboard monitoring jaringan, web/API dan server dalam satu aplikasi yang bersifat pro-active dan preventif maintenance yang dapat digunakan untuk memantau berbagai kebutuhan. 

“Netmonk Prime merupakan produk digital dari Telkom yang bergerak di bidang pemantauan infrastruktur IT, termasuk jaringan, web/API, dan server, sehingga mampu memberikan solusi yang lebih powerful dan mudah digunakan,” kata EVP Digital Business Telkom, Komang Budi Aryasa dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/12/2024).
  
Menurutnya, produk ini bisa membantu perusahaan mengidentifikasi kapan waktu terbaik untuk meningkatkan kapasitas. Hal ini sangat penting dan bisa proaktif menjaga kualitas dan mendeteksi dini berbagai kendala jaringan.

Laporan Netmonk Prime dapat dimanfaatkan perusahaan untuk melihat pola penggunaan jaringan secara detail, termasuk kapan peak hours dan jam-jam rendah penggunaan berlangsung. Hal ini memungkinkan perusahaan mengatur pemeliharaan jaringan tanpa mengganggu operasional utama. Selain itu bisa mencegah pemborosan dan memastikan sumber daya jaringan digunakan secara efektif dan efisien.

Laporan dari Netmonk Prime juga bisa membantu menentukan kapan saat yang ideal menambah kapasitas jaringan, di tengah meningkatnya pertumbuhan bisnis dan peningkatan kebutuhan kapasitas jaringan. Perusahaan bisa menganalisa kebutuhan penambahan kapasitas yang dapat ini membantu mencegah gangguan operasional akibat overload jaringan.

“Jaringan yang tidak stabil atau lambat dapat menyebabkan ketidakpuasan pelanggan. Melalui laporan ini perusahaan dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah seperti latency atau throughput rendah yang dapat berkontribusi terhadap kepuasan pelanggan karena adanya peningkatan performa layanan yang signifikan,” ujarnya 

Netmonk Prime juga mampu menunjukkan jaringan dengan mengalami lonjakan trafik dan mampu memberikan analitik secara real-time yang memungkinkan perusahaan memantau kinerja jaringan secara langsung. Dengan fitur deteksi anomali yang canggih, aplikasi ini mampu mendeteksi permasalahan sejak dini dan mengirimkan notifikasi peringatan. 

“Laporan Netmonk Prime bukan sekadar laporan teknis, tapi bisa diandalkan sebagai sumber insight bagi perusahaan dalam menyusun strategi untuk pertumbuhan berkelanjutan,” ujarnya. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut