YOGYAKARTA, iNewssleman.id - PT Telkom Indonesia sukses mengembangkan platform business to business Pasar Digital (PaDi) UMKM. Platform pengadaan barang dan jasa ini berhasil meraih penghargaan SME Enabler Through Digital of the Year pada Marketeers Editor Choice Award (MECA).
EVP Digital Business & Technology Telkom, Komang Budi Aryasa mengatakan, PaDi UMKM dikembangkan pada 2020 saat pandemi Covid-19. Produk ini menghadirkan solusi pengadaan barang dan jasa BUMN menjadi lebih transparan, efisien, dan efektif. Prosesnya yang terbuka, efisien efektif memudahkan belanja barang dan jasa sehingga kinerja BUMN lennih efektif untuk meningkatkan pendapatan negara.
Saat pandemi, kondisi perekonomian sangat sulit. BUMN dituntut untuk mampu mengembangkan UMKM agar naik kelas. Dalam kondisi seperti itulah kemudian muncul ide mengembangan digitalisasi.
“Saat itu, nyaris semua sektor ekonomi tumbang kecuali UKM. Untuk menemukan bisnis ini hanya satu jawabannya, digitalisasi sesuai visi Telkom,” katanya,
PaDi UMKM berhasil mempertemukan UKM sebagai penjual dan perusahaan swasta juga BUMN sebagai pembeli. Marketplace B2B PaDi UMKM berhasil membuka akses pasar kepada seluruh UKM yang ada di Indonesia. Mereka terlibat langsung pada pengadaan barang dan jasa sekaligus mematahkan stigma negatif sulitnya menembus pasar pengadaan.
Selain itu, PaDi UMKM juga berhasil mengakomodasi pengadaan-pengadaan di BUMN dan memberi kemudahan dalam mengkurasi vendor penyedia barang dan jasa yang mereka butuhkan. Marketplace ini menghadirkan keterbukaan informasi dan persaingan sehat di antara penjual sebagai calon vendor. Perusahaan swasta dan BUMN juga bisa leluasa mencari produk dan jasa sesuai dengan spesifikasi kebutuhan, termasuk anggaran dan kuantitasnya.
“PaDi UMKM terus melakukan inovasi untuk terus menjadi marketplace B2B terbaik bagi UKM. PaDi juga mengedukasi dan mendampingi UKM untuk mengoptimalkan potensi mereka agar naik kelas,” kata Komang.
Editor : Wisnu Aji