get app
inews
Aa Text
Read Next : Nikmati Sport Tourism, Peserta CIMB Niaga Tour de Surakarta Gowes ke Candi Sukuh

CIMB Niaga Catatkan Kinerja Positif Tahun 2024, Posisi di Industri Perbankan Makin Kuat

Jum'at, 21 Februari 2025 | 08:58 WIB
header img
Ilustrasi - CIMB Niaga mencatatkan laporan keuangan dengan kinerja yang positif pada tahun 2024. Foto: Ist.

Total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp260,6 triliun (+10,5% Y-o-Y), dikontribusikan dari pertumbuhan current account and savings account (CASA) sebesar 14,2 persen Y-o-Y menjadi Rp172,1 triliun, berkontribusi terhadap rasio CASA menjadi sebesar 66,0 persen. Hal ini merupakan hasil upaya bank untuk membina hubungan dengan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital.

Jumlah kredit/pembiayaan naik 6,9 persen Y-o-Y menjadi Rp228,0 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang naik 9,1 persen Y-o-Y, diikuti oleh perbankan korporasi yang tumbuh 8,3 persen Y-o-Y, dan perbankan konsumer yang meningkat 5,4 persen Y-o-Y. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) yang meningkat sebesar 26,0 persen Y-o-Y.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan sebesar Rp60,3 triliun (+9,1 persen Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp54,7 triliun (+21,7 persen Y-o-Y) per 31 Desember 2024. Adapun pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel. CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas.

Lebih jauh dikatakan, inovasi dan customer centricity tetap menjadi fokus CIMB Niaga dalam pengembangan digital. Pada tahun 2024, 90% dari total transaksi finansial nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, Automated Teller Machines (ATM), dan OCTO Pay (e-money). Selain itu, CIMB Niaga juga menghadirkan digital experience melalui model Digital Branch yang unik, yang memadukan fitur Cabang Konvensional dan Digital Lounge. Untuk mendorong adopsi digital di kantor cabang lainnya, CIMB Niaga juga memperkenalkan Digital Hub yang dilengkapi mesin Self-Service Banking dan Self-Service Tablet untuk mempercepat layanan kepada nasabah. 

Adapun konsep cabang ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital, sembari tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga. Hingga 31 Desember 2024, konsep ini telah diimplementasikan di 50 kantor cabang, terdiri dari 21 Digital Branch dan 29 Digital Hub. 

Integrasi dari layanan digital di kantor cabang ini telah meningkatkan customer experience serta efisiensi layanan secara signifikan, yang diharapkan dapat memungkinkan 80% dari pembukaan tabungan, penggantian kartu dan proses pengkinian/maintenance Customer Information File (“CIF”) dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 5 menit melalui mesin Self-Service Banking. 

OCTO Mobile, aplikasi mobile banking milik CIMB Niaga yang terus mempelopori rangkaian inovasi mobile-first terfokus kepada kemudahan bertransaksi, investasi dan layanan/servicing yang seamless. Aplikasi ini tidak hanya memudahkan transaksi pembayaran, termasuk transfer BI-Fast, scan pembayaran QRIS dengan berbagai sumber dana (tabungan, e-money, dan lain sebagainya), serta top-up e-Wallet, namun juga dilengkapi dengan inovasi untuk mempermudah akses investasi dan layanan lainnya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut