UNISA Yogyakarta Kunjungi UMS, Belajar Branding Kampus Swasta

SOLO, iNewsSleman.id – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerima kunjungan Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Jumat (21/2/2025). Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang sidang BPH, Gedung Induk Siti Walidah UMS, mengemuka mengenai persaingan ketat antarperguruan tinggi negeri maupun swasta, dan membangun reputasi positif menjadi cara untuk menggaet calon mahasiswa.
Wakil Rektor V UMS, Prof. Supriyono, S.T., M.T., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan, perguruan tinggi swasta di Indonesia kini mendapat tantangan dengan hadirnya pesaing baru, yakni Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Hal tersebut terlihat dari kuota jalur mandiri yang mencapai 70 persen dari total kuota mahasiswa PTNBH.
“Kita (perguruan tinggi swasta) harus membangun reputasi agar masyarakat percaya dengan kita, sehingga mereka (calon mahasiswa) berbondong-bondong masuk ke UMS,” ujar Supriyono.
Dikatakannya, tuntutan kampus swasta untuk menggali dana mandiri membuat kampus swasta unggul dalam hal efisiensi anggaran. Dia memandang hal tersebut sebagai sebuah keunggulan yang harus diperkenalkan kepada publik. Caranya dengan membangun reputasi dan branding yang jitu.
Membangun reputasi, lanjutnya, merupakan perjalanan panjang bagi sebuah institusi pendidikan tinggi, agar mendapat tempat di hati masyarakat. Supriyono pun mengamini jika membangun reputasi universitas tidak semudah membalikkan telapak tangan.
“Kalau masyarakat itu masih punya pemikiran perguruan tinggi negeri masih lebih baik daripada perguruan tinggi swasta, mari kita pelan-pelan mencoba mengedukasi masyarakat, melalui branding tadi,” kata Wakil Rektor V UMS itu.
Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Urusan Internasional UNISA Yogyakarta, Moh. Ali Imron, M.Fis., mengatakan, pihaknya ingin belajar mengenai strategi membangun reputasi yang dilakukan UMS. Kiat tersebut masuk ke dalam rencana strategis UNISA Yogyakarta untuk mendorong internasionalisasi kampus.
Editor : Ary Wahyu Wibowo