get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Kalurahan Condongcatur Buka Lowongan Pamong Kalurahan

POSBINDU,Kalurahan Condongcatur Rutin Periksa Kesehatan Para Staf

Senin, 04 September 2023 | 14:16 WIB
header img
Kegiatan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) bagi Pamong dan Staf, monitoring kesehatan dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) terintegrasi (4/9/2023) di Pendopo Kalurahan.(Foto ist.)

SLEMAN.iNewsSleman.id - Pemerintah Kalurahan Condongcatur rutin melaksanakan kegiatan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) bagi Pamong dan Staf, dalam rangka monitoring kesehatan dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) terintegrasi dan pada bulan ini dilaksanakan pada hari Senin 4 September 2023 di Pendopo Kalurahan Condongcatur sesuai Apel Rutin Senin pagi.

Kegiatan POSPINDU bekerjasama dengan Puskesmas Depok II dan Klinik Nyawiji secara bergantian  dilakukan Pengecekan tekanan  Darah, Pengecekan Gula Darah, Pengecekan Kolesterol, Timbang Berat Badan dan pengukuran lingkar perut.

Menurut Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP bahwa tujuan dari POSBINDU bagi Pamong dan Staf Kalurahan Condongcatur ini sebagai Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dimulai dari diri kita sendiri yang bermanfaat untuk dapat mengetahui /mendeteksi faktor resiko PTM.

“ Pemeriksaan ini sebagai upaya intervensi faktor resiko PTM dengan modifikasi perilaku, konseling dan edukasi dan juga dilakukan rujukan bagi individu berisiko tinggi yang memerlukan layanan pengobatan lebih lanjut.” Ucap Reno.

Kamituwa Condongcatur Al Thouvik Sofisalam, A.Md menambahkan bahwa pamong dan staf Kalurahan condongcatur yang bertugas setiap hari pelayanan pada masyarakat yang kadang tidak kenal waktu melayani masyarakat, pengecekan kesehatan perlu dilakukan dan POSBINDU ini rutin dilaksanakan setiap 3 (tiga) bulan sekali bekerjasama dengan Puskesmas Depok II dan Klinik Nyawiji Condongcatur.

“Pola Hidup Sehat sangat penting diterapkan pada diri kita masing-masing karena tidak hanya melindungi diri dari beragam penyakit tetapi juga baik untuk kesehatan mental.” Himbau Thouvik.

Untuk itu melalui aparat Kalurahan Condongcatur, rutinitas ini mengingatkan  seluruh masyarakat Sleman khususnya untuk menerapkan pola hidup sehat dengan cara sebagai berikut :

 Ketahui Kondisi Kesehatan Saat Ini

 Rutin Lakukan Aktifitas Fisik (Olahraga)

 Catat Makanan Yang Dikonsumsi (konsumsi buah dan sayuran)

 Perhatikan Kehidupan Sosial (kemasyarakatan)

 Hentikan Kebiasaan Buruk (merokok dan minuman beralkohol merugikan kesehatan)

 Konsumsi Makanan Sehat dan Cukup Kebutuhan Cairan

 Kelola Stres 

 Cukupi Waktu Istirahat

Editor : Fitriyani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut