get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Gunungkidul 2024, Tim Pemenangan Pasangan Sunaryanta-Mahmud Ardi Dikukuhkan

5 Tempat Wisata Eksotis di Gunungkidul, Cocok untuk Bersantai di Libur Tahun Baru

Minggu, 31 Desember 2023 | 16:09 WIB
header img
Keindahan Pantai Jungwok di Kabupaten Gunungkidul. (Foto: istimewa)

2.Pantai Jungwok

Tempat wisata eksotis di Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Jungwok. Sekilas namanya terdengar agak Korea. Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kapanewon Girisubo, yang memiliki panorama yang indah dengan pasir putih. 

Pantai ini dinamai Jungwok karena peristiwa Gunung Manjung yang meletus hanya sekali yakni 400 juta tahun yang lalu. Akibat letusan gunung tersebut, sepertiga bagiannya patah menjadi pulau yang disebut sebagai Pulau Kalong, tak jauh dari Pantai Jungwok. 

Peristiwa ini memunculkan nama Jungwok yakni Jung (Gunung Manjung) dan Wok (Krowok yaitu bahasa Jawa dari patah). Jam buka Pantai Jungwok 24 jam sehari dan harga tiketnya sekitar Rp 5.000.

3. Gua Rancang Kencono

Tempat wisata eksotif di Gunungkidul selanjutnya Gua Rancang Kencono yang terletak di Padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kapanewon Playen. Gua itu dulunya dihuni oleh manusia prasejarah hingga modern.

Diperkirakan gua yang terletak di kawasan air terjun Sri Getuk ini sudah dihuni sejak 3000 tahun lalu. Ketika memasuki gua, terdapat pohon klumpit cukup besar di sekitar pintu masuk. 

Saat pengunjung menuruni beberapa anak tangga, ada sebuah aula besar. Ruang kedua terdapat wadah sesaji yang terbuat dari batu putih. Untuk memasuki ruang ketiga harus berjuang ekstra, karena hanya terdapat lubang kecil dengan ketinggian sekitar 1 meter dan lebar 50 cm.

4. Situs Sokoliman

Situs Sokoliman merupakan situs kepurbakalaan yang terletak di Dusun Sokoliman II, Desa Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo. Situs ini berasal dari lima buah artefak yang berbentuk lonjong menjulang seperti tiang atau dalam bahasa Jawa disebut soko. Sokoliman dapat diartikan sebagai lima sangga atau tiang.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk memasuki kawasan Situs Sokoliman ini masih terbilang terjangkau, hanya Rp10.000 untuk umum dan Rp5.000 untuk pelajar. Pengunjung dapat merasakan secara langsung bagaimana kehidupan masa lampau yang ada di sana, belajar dan mengamati setiap artefak yang ada di situs tersebut.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut