get app
inews
Aa Read Next : Pakar Peternakan UGM Bagikan Tips Memilih Hewan Kurban

Gandeng Pusat Studi Pancasila UGM, BPIP Bedah Buku Pancasila dari Indonesia untuk Dunia

Jum'at, 23 Februari 2024 | 07:30 WIB
header img
Kepala BPIP Hardian Wahyudi mneyerahkan cinderamata pada seminar dan bedah buku di UGM, Rabu, Rabu (22/2/2024). (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) bekerja sama dengan Pusat Studi Pancasila UGM menggelar seminar dan bedah buku Pancasila dari Indonesia untuk Dunia Rabu (22/2/2024). Kegiatan ini untuk menyosialisasikan Pancasila kepada generasi muda. 

Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Prakoso mengatakan, seminar dan bedah buku ini diikuti 225 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta. Menurut Prakoso, Presiden Soekarno pernah menyampaikan bahwa, Pancasila dalam bahasa inggris, yaitu Believe in God, Nasionalism, Humanity, Democracy, dan Social Justice mengandung lima prinsip untuk kebaikan Indonesia, meliputi, kebangsaan Indonesia, Internasionalisme, Demokrasi, Kesejahteraan Sosial dan Ketuhanan. 

“Prinsip ini telah dilaksanakan secara mengikat bagi seluruh WNI, bukan hanya untuk dibaca dan dihafalkan, tetapi harus mengimplementasikan butir-butirnya dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.
 
Kepala BPIP, Prof Yudian Wahyudi mengatakan, buku terbitan BPIP berisi tentang kontribusi Pancasila di kancah dunia. Termasuk saat pidato presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno yang berjudul “To Build the World Anew”, pada sidang PBB, 30 September 1960. 

Menurutnya, pidato tersebut dimasukkan ke dalam memory of the world oleh UNESCO yang merupakan warisan dunia dan boleh dikutip oleh siapa saja. Bung Karno mengajak pemimpin dunia untuk membangun semua bangsa hidup dalam damai dan mengutuk keras segala bentuk Imperialisme dan Kolonialisme.

“Bung Karno menawarkan Pancasila menjadi jalan ketiga dari dua jalan yang sudah ada, yaitu Imperialisme-Kapitalisme dan Sosialisme-Komunisme,” katanya. 

Menurutnya, Pancasila merupakan mukjizat bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia harus memedomani, menghayati, dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, juga perlu menguasai teknologi dan bahasa asing.

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut