get app
inews
Aa Read Next : Siap Gantikan Gibran, Teguh Prakosa Resmi Daftar Bakal Calon Wali Kota Solo Lewat PDIP

Putri Amien Rais, Hanum Salsabila Maju Pilwalkot Jogja Lewat PKB

Sabtu, 04 Mei 2024 | 08:46 WIB
header img
Jajaran pengurus DPC PKB Kota Yogyakarta memberikan keterangan pers terkait tahapan Pilwalkot Kota Yogyakarta. (foto: kuntadi)

YOGYAKARTA, iNewssleman.id - Putri Amien Rais, Hanum Salsabila Rais bakal maju sebagai calon Wali Kota Yogyakarta pada pilkada 2024 nanti. Mantan Anggota DPRD DIY dari PAN yang pindah ke Partai Ummat ini akan maju melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

“Kami telah membuka pendaftaran dan sampai saat ini sudah ada delapan yang mendaftar sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota,” kata Ketua DPC PKB Kota Yogyakarta Solihul Hadi, Jumat (4/5/2024) malam. 

Delapan nama ini ada empat yang mendaftar sebagai calon wali kota, yakni Hanum Salsabila Rais, Ketua PCNU Kota Yogyakarta Muhammad Yazid Afandi, mantan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan presenter Mariana Ulfa. Sedangkan yang mendaftar sebagai calon wakil walikota, Ricco Survival Yubaidi (praktisi hukum), Haryawan Emir Nuswantoro (pengusaha), Amin Purnama (praktisi hukum) dan Ariyanto (pengusaha). 

“PKB adalah partai terbuka dan siapapun bisa mendaftar. Kami juga sudah menjalin komunikasi dengan parpol lain untuk berkoalisi,” katanya. 

Menurutnya, PKB Kota Yogyakarta tahun ini bisa meraih dua kursi di DPRD. Hampir selama 20 tahun mereka berjuang dan baru pecah telur saat ini dengan menempatkan Solihul Hadi dan Eko Djoko Widiyanto sebagai wakil rakyat. 

“Kami memiliki kekuatan massa yang berbasis nadhiyin dan masa kultural yang kuat. Sehingga pada pilkada kami bukan hanya partai pendukung namun menjadi pengusung,” katanya. 

 
Calon anggota PRD Eko Djoyo mengatakan, PKB sangat terbuka dan bisa menerima semua unsur yang ada di masyarakat. Saat ini masih ada beberapa nama yang akan mendaftar lagi.  

“Kami sangat terbuka, dan kami terus melakukan penjajagan politik dengan partai lain,” katanya.

Mekanisme penjaringan calon dilakukan dengan melakukan pendaftaran. Dari nama-nama yang muncul akan dilakukan survei dan uji kelayakan. Selanjutnya akan diserahkan ke DPW PKB DIY untuk dibawa ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi.  

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut