get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Kerja, Pekerja Migran Indonesia Asal Kulonprogo Meninggal di Papua New Guinea

Waduh, Angka Stunting di Kulonprogo 21,2 Persen

Jum'at, 31 Mei 2024 | 09:47 WIB
header img
Pemkab Kulonprogo menggelar koordinasi dalam penanganan stunting menyusul hasil survei nasional kasusnya naik menjadi 21,2 persen. (foto: kuntadi)

KULONPROGO, iNewssleman.id - Angka stunting di Kabupaten Kulonprogo sesuai hasil survei pemerintah pusat 2023 meningkat tajam dari 15,8 persen menjadi 21,2 persen balita. Meski begitu, Pemkab Kulonprogo mengklaim angka stunting turun dari 9,94 persen menjadi 9,43 persen. 

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami mengatakan, angka 21,2 persen merupakan hasil Survei Kesehatan Indonesia atau dulu dikenal dengan SSGI. Survei menggunakan sampling sebanyak 369 balita dari keseluruhan sekitar 22.000 balita. 

“Ya ini menjadi perhatian bersama. Karena kalau hasil pengukuran sendiri hanya 9,4 persen dan data kita ini by name by addres,” kata dia, Jumat (31/5/2024). 

Sri Budi mengaku sedikit kecewa dengan hasil survei tersebut karena penanganan stunting di Kulonprogo sudah sangat bagus. Mereka melibatkan peran lintas sektoral dan sudah bekerja keras untuk menurunkan angka ini. 

“Ya, agak kecewa kok keluarnya angka segitu. Sebenarnya penanganan stunting sudah sangat bagus,” katanya. 

Hasil survei ini langsung ditindaklanjuti dengan cepat dengan melakukan koordinasi. Salah satunya merealisasi Surat Edaran dari Kementerian Dalam Negeri dalam melaksanakan 10 Gerakan Pasti. Mereka akan melibatkan lintas OPD dalam melakukan penanganan dan monitoring remaja, balita, ibu hamil dan calon pengantin. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut