get app
inews
Aa Read Next : Dinkop dan UKM DIY Gelar Orientasi Saka Wirausaha untuk Lahirkan Pengusaha Baru di Sleman

Peringatan Hari Koperasi, SMA Muhi Yogyakarta Tuan Rumah National Cooperative Summit

Jum'at, 21 Juli 2023 | 07:19 WIB
header img
Sekertaris Menteri Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso dan Salah Satu Deputi di Kemenko PMK, Didik Suhardi di National Cooperative Summit yang digelar di SMA Muhi Yogyakarta

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id - Dalam rangka Peringatan Hari Koperasi ke 76 pada tanggal 12 Juli 2023 bersama Kemenko Bidang Perekonomian, Kemenkop dan UKM, Kemenko PMK dan Majelis Pendidikan Dasar Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan National Cooperative Summit di SMA Muhamamdiyah 1 Yogyakarta pada 20 - 22 Juli 2023 yang menghadirkan 1300 orang.

Kegiatan ini dibuka oleh Susiwijono Moegiarso selaku Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dan Didik Suhardi selaku Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator PMK.

Acara dibuka secara resmi pada Kamis, 20 Juli 2023 pagi WIB dengan ditandai dengan pemotongan pita oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Susiwijono Moegiarso.

Dalam sambutannya, Susiwijono Moegiarso, ME menyatakan bahwa Sudah waktunya dalam sistem pendidikan, koperasi harus dihadirkan untuk pembudayaan dan pembentukan karakter anak bangsa. Namun, terasa bahwa masih kurang upaya edukasi maupun sosialisasi tentang pembudayaan sistem ekonomi kerakyatan melalui koperasi, terutama bagi generasi muda.

Populasi generasi milenial, generasi Z, dan generasi post gen Z mencapai 64,69% dari total 270,20 juta jiwa penduduk Indonesia, menjadi potensi besar sebagai penggerak ekonomi kerakyatan.

Internalisasi Gerakan ayo berkoperasi yang dilakukan secara mendasar menyasar sekolah jenjang menengah (SMP/MTs, SMA/SMK/MA) di tahun 2022 memberikan legasi menumbuhkembangkan karakter berkoperasi harus dilakukan secara massif dan sistematis.

National Cooperative Summit ini diisi dengan Expo dengan menampilkan berbagai proses bisnis dan narasi yang bersifat pembelajaran/edukasi terkait koperasi untuk menumbuhkan kesadaran berkoperasi sejak dini.

Expo ini dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 22 Juli 2023, dimana booth akan menampilkan berbagai proses bisnis dan narasi yang bersifat pembelajaran/edukasi terkait Koperasi, untuk menumbuhkan kesadaran berkoperasi sejak dini serta Coaching Clinic Perkoperasian.

Tujuan diselenggarakannya event National Cooperative Summit 2023 adalah: Untuk menginternalisasi Gerakan koperasi sebagai soko guru ekonomi nasional di kalangan sekolah dan siswa, sebagai wahana edukasi menumbuhkembangkan kebanggaan berkoperasi di kalangan sekolah dan siswa, upaya mengenalkan koperasi secara menyeluruh dengan berbagai varian gerakan berkoperasi di kalangan sekolah dan siswa.

Editor : Bayu Arsita

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut