get app
inews
Aa Read Next : ARCEO's Conference, Daop 6 Yogyakarta Berharap Dorong Semangat ASEAN Hadapi Tantangan Global

Fun Run S2S, Sajikan Cuplikan Sejarah Stasiun Kereta Api di Solo

Minggu, 02 Juni 2024 | 16:20 WIB
header img
Lari Fun Run Stasioen 2 Stasioen (S2S) di Kota Solo, Minggu (2/6/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Ratusan warga mengikuti kegiatan lari Fun Run Stasioen 2 Stasioen (S2S) di Kota Solo, Minggu (2/6/2024). Para peserta sangat antusias dan mendapat pengalaman yang unik selama mengikuti lari sepanjang 8 kilometer.

Para peserta yang berjumlah sekitar 600 orang, mendapatkan pengalaman berlari berdampingan dengan Kereta Api (KA) Batara Kresna di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo. Para peserta juga melewati stasiun-stasiun bersejarah di Solo.

“Tiga stasiun bersejarah yang disiapkan untuk venue fun run adalah Stasiun Purwosari, Stasiun Jebres, dan Stasiun Solobalapan,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Minggu (2/6/2024).

Stasiun Purwosari yang dijadikan venue start, dulunya merupakan tanah milik Mangkunegaran yang diberikan kepada NISM untuk kepentingan pembangunan jalur KA. Stasiun Purwosari menjadi Stasiun kedua di Surakarta setelah Solobalapan yang dibuat NISM pada tahun 1875. Stasiun ini merupakan stasiun transit pertama di Solo yang memiliki stasiun percabangan jalur KA arah Surabaya dan Wonogiri.

Selanjutnya Stasiun Jebres yang dijadikan venue check point, merupakan stasiun yang dibangun pada tahun 1884 dan digunakan sebagai stasiun ujung bagi jalur percabangan Semarang-Surakarta dari lintas utara Jawa.

Tujuan pembangunan Stasiun Jebres oleh pemerintah Hindia Belanda untuk membantu pengangkutan barang berupa komoditas hasil tanaman industri, seperti gula dan tembakau yang menjadi andalan wilayah Karesidenan Surakarta.

Terakhir Stasiun Solobalapan yang menjadi venue finish dibangun tahun 1873. Sejarah berdirinya stasiun Balapan ini menarik untuk disimak. Lahan yang sekarang digunakan menjadi Stasiun Balapan, dahulunya merupakan Alun-Alun Utara milik Keraton Mangkunegaran.

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut