get app
inews
Aa Read Next : 3 Warga Ngemplak Sleman Terima Bantuan JPS Kursi Roda

Cegah Penyakit Kanker, Bupati Sleman Ajak Warga Jaga Pola Hidup Sehat

Rabu, 07 Agustus 2024 | 19:21 WIB
header img
Bupati Sleman Kustini bersama masyarakat dalam sosialisasi pencegahan penyakit kanker di Rumah Dinas Bupati Sleman, Rabu (7/8/2024). (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewssleman.id Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dan berolahraga. Ini merupakan salah satu cara menghindari munculnya penyakit kanker

Menurut Kustini, penyakit kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Hal ini harus dicegah sejak dini, dengan penerapan pola hidup sehat, rutin berolahraga hingga menjauhi faktor-faktor penyebab kanker. 
 
“Gerakan gaya hidup sehat untuk menekan risiko penyakit degeneratif seperti kanker. Harus dijadikan kebiasaan,” kata Kustini saat membuka Edukasi Penyakit Kanker Degeneratif Dengan Terapi Stemcell yang diinisiasi oleh Yayasan Edukasi Kanker Indonesia (YEKI), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman Rabu (7/8/2024). 

Kustini mengatakan, gaya hidup dapat berpengaruh terhadap tingginya tingkat prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) atau penyakit degeneratif. Masyarakat menerapkan gaya hidup yang CERDIK untuk mencegah penyakit degeneratif.

 “Cerdik itu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stres. Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati,” jelas Bupati.

Bupati berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah penyakit degeneratif dengan menjalani perilaku hidup sehat. Pengobatan segera mungkin bila mengalami tanda dan gejala kanker, dan patuh menjalani pengobatan bagi penderitanya. 

Perwakilan Yayasan Edukasi Kanker Indonesia, Danang Wijanarto menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya edukasi dan sosialiasi kepada karang taruna Kabupaten Sleman terkait pencegahan kanker. Karang taruna diharapkan menjadi kepanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Sleman dan YEKI dalam menyebarluaskan informasi terkait pencegahan hingga penanganan kanker.

“Kami harap teman-teman karang taruna dapat ikut memberikan pemahaman kepada lingkungan terdekatnya terkait pencegahan sampai dengan penanganan kanker,” kata dia.  

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut