get app
inews
Aa Read Next : Program Satu Sama Bunda, Pemkab Sleman Gandeng Kampus Tingkatkan Kualitas UMKM

Pemkab Sleman Raih Penghargaan UHC, 95 Persen Warga Ikut Program JKN

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 08:28 WIB
header img
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menunjukkan piala dan penghargaan atas prestasinya dalam jumlag kepesertaan dalam UHC tahun 2024. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewssleman.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Lebih dari 95 persen warga Sleman telah mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Penghargaan ini diserahkan Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin dan  Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy pada UHC Awards di Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (8/8/2024). 

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, Pemkab Sleman terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya dalam pemberian jaminan kesehatan. Komitmen tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah warga Sleman yang terdaftar dalam program JKN dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

Dari data yang dihimpun Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, sebanyak 1.112.457 jiwa penduduk Sleman terdaftar dalam Program JKN-KIS dengan persentase 100,88 capaian UHC Kabupaten Sleman dibandingkan dengan jumlah penduduk semester II tahun 2023. 

"Pencapaian UHC Sleman ini menjadi bukti bahwa pemerintah memberikan kepastian perlindungan atas hak jaminan sosial kesehatan bagi masyarakat khususnya di Sleman," kata Kustini. 

Bupati menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Sleman yang telah bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemkab Sleman dengan mengintegrasikan jaminan kesehatan daerah ke dalam program JKN-KIS. Atas capaian ini, Pemkab Sleman akan fokus pada peningkatan pelayanan kepada peserta program JKN-KIS dengan menggerakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk turut berperan aktif mendukung Program JKN-KIS sesuai kewenangan masing-masing. 

Editor : Wisnu Aji

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut