get app
inews
Aa Read Next : Open Tournament Bola Voli Piala Panglima TNI 2024 Meriahkan HUT ke-79 TNI

Rekonstruksi Kasus KDRT di Sumber Solo, Polisi: Sesuai Berita Acara Pemeriksaan

Rabu, 11 September 2024 | 11:37 WIB
header img
Rekonstruksi kasus KDRT yang mengakibatkan tewasnya VH,42, warga Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Selasa (10/9/2024). Foto: AW Wibowo

SOLO, iNewsSleman.id – Polisi telah melaksanakan rekonstruksi kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) berujung tewasnya VH,42, warga Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Dalam hasil rekonstruksi, keterangan tersangka AS,47, suami korban, sesuai dengan yang disampaikan kepada penyidik saat pemeriksaan. 

“Rekonstruksi menggelar 48 adegan di TKP (tempat kejadian perkara). Hal ini untuk memberikan kejelasan gambaran kepada penyidik apakah benar keterangan yang telah dituangkan tersangka melalui penyidikan secara administratif di depan penyidik,” kata Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi dalam keterangan yang dikutip, Rabu (11/9/2024). 

Selanjutnya, hasil pemeriksaan ditransformasikan menjadi sebuah adegan-adegan dalam rekonstruksi. Adegan rekonstruksi mulai dari kedatangan pelaku sampai dengan terjadinya penganiayaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia. 

“Itu tujuan kami melakukan rekonstruksi dan secara detail tersangka telah melakukan sesuai dengan keterangan yang diberikan saat penyidikan. Artinya tidak ada perbedaan dari keterangan yang telah diberikan,” ucapnya. 

Melalui rekonstruksi, polisi sekaligus memastikan pasal yang dikenakan kepada pelaku. Kapolresta juga memastikan penanganan kasus telah melalui tahapan-tahapan yang benar. 

“Hasil rekonstruksi tidak ada yang baru, tepat seperti apa yang disampaikan tersangka. Mulai dari alat yang digunakan, asal sebelum kejadian, cekcok, terjadi pemukulan dengan gagang sapu, dibanting, helm dan lainnya. Apa yang dilakukan tersangka seperti yang tertuang dalam berita acara pemeriksaan,” tuturnya. 

Sebelumnya, polisi menggelar rekonstruksi kasus KDRT berujung tewasnya VH,42, warga Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Selasa (10/9/2024) kemarin. Tersangka AS,47, yang merupakan suami korban, memperagakan 48 adegan dalam rekonstruksi. 

Kuasa hukum keluarga korban, Ardian Azhari Kurniawan mengatakan, dari 48 adegan terdapat beberapa tambahan adegan terkait perlakuannya pada korban. 

“Contohnya 34, menjadi 34A dan 34B. Terkait dengan kronologinya sesuai, ada tambahan lagi dari tersangka,” kata kuasa hukum keluarga korban, Ardian Azhari Kurniawan. 

Dalam kasus itu, lanjutnya, tersangka melakukan penganiayaan di antaranya dengan memakai remote, dan helm. Penganiayaan mengenai sejumlah bagian kepala, dan paha korban. Tersangka juga membanting korban ke lantai, sehingga mengakibatkan banyak keluar darah. Peristiwa terjadi di ruang tengah depan TV. Di lokasi itu ada sofa, kursi, dan kasur. 

Editor : AW Wibowo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut