Peringati Hari Kanker Sedunia 2023, Puskesmas Gondokusuman I Gelar Pemeriksaan Iva dan Sadanis

Ammar Mahir Hilmi
Para pasien mengantri untuk layanan kesehatan di Puskesmas Gondokusuman I, Baciro, Kota Yogyakarta. (Foto: Ammar Mahir Hilmi)

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id - Sambut Hari Kanker Sedunia 2023, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melalui Puskesmas Gondokusuman I gelar pemeriksaan Iva dan Sadanis (Sabtu, 4/2/2023). Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Puskesmas Se-Kota Yogyakarta dan menjadi ajang kepedulian untuk mencegah dan mendeteksi dini penyakit kanker.

Iva merupakan pemeriksaan untuk deteksi dini kanker rahim. Sedangkan Sadanis adalah pemeriksaan klinis payudara.

Rohman, salah satu petugas screaning yang ditemui redaksi di Puskesmas yang beralamat di Jl. Tanjung No. 1 Baciro ini membenarkan bahwa pemeriksaan IVA dan SADANIS merupakan agenda rutin Dinas Kesehatan Kota Yogyamarta.

"Iya, benar. Dan kami di sini sebagai pelaksananya," ujar Rohman, Sabtu (4/3/2023).

Lebih lanjut menurut Kepala Puskesmas Gondomusuman I, dr. Ani Mufidah Sari, diharapkan melalui gelaran ini seluruh pihak yang terlibat mampu membangkitkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya pemeriksaan rutin dan deteksi dini penyakit kanker. Dengan demikian, angka kematian akibat kanker dapat ditekan sehingga terwujud masyarakat hidup sehat.

"Harapannya semoga para perempuan semakin sadar akan pentingnya pencegahan dan deteksi dini kanker ini, utamanya terkait payudara dan organ reproduksi," imbuhnya.

Editor : Ammar Mahir Hilmi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network