Bersama BPTI, UAD Jadi Tuan Rumah Debat Siswa Sekolah Tingkat Nasional

Bayu Arsita Mandreana
Rektor UAD, Prof Muchlas Saat Membuka National Schools Debating Championship atau NSDC 2023 di Kampus UAD yang Terselenggara Bersama Badan Pengembangan Talenta Indonesia atau BPTI Kemendikbudristek, Selasa (3/10/2023). (Foto: iNewsSleman.id).

YOGYAKARTA, iNewsSleman.id - Universitas Ahmad Dahlan atau UAD jadi tuan rumah dalam penyelenggaraan lomba National Schools Debating Championship atau NSDC 2023 yang bekerja sama dengan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Kompetisi ini berlangsung pada Senin‒Sabtu, 2‒7 Oktober 2023 dengan mengusung tema “Speak of Your Mind, Speak for Indonesia”.

Keri Darwindo, selaku Koordinator Bidang Seni dan Budaya BPTI menyampaikan, jika NSDC ini merupakan salah satu program pemetaan asesmen dan ajang uji talenta peserta didik dalam bidang bahasa.

“NSDC tahun 2023 ini merupakan salah satu program pemetaan asesmen dan ajang talenta peserta didik di bidang bahasa," ujar Koordinator Bidang Seni dan Budaya BPTI Kemendikbudristek RI di Kampus UAD, Selasa (3/10/2023).

Sebelumnya kurang lebih 2.700 peserta dari 36 provinsi di seluruh Indonesia dan 3 wilayah Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yaitu Arab Saudi, Malaysia, dan Singapura, telah melalui proses seleksi yang ketat. Kemudian terpilih 111 peserta yang terdiri atas 37 tim mewakili 36 provinsi dan 2 wilayah SILN (Riyadh - Arab Saudi dan Kuala Lumpur - Malaysia).

Darwindo juga mengatakan, Dengan mengangkat tema ‘Speak of Your Mind, Speak for Indonesia’, diharapkan para peserta dapat lebih meningkatkan bakat dan prestasinya di tingkat nasional serta dapat berinovasi membangun karakter generasi muda Indonesia.

"Jadi ini bisa menjadi salah satu inovasi dalam membangun karakter generasi muda Indonesia dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, mengekspresikan argumen, dan mengedepankan pemberian solusi yang bertanggung jawab,” tambahhya.

Prof. Dr. Muchlas, M.T. selaku Rektor UAD yang secara resmi membuka kompetisi tersebut. Ia mengatakan, jika dengan NSDC ini berarti sesuai dengan Tagline UAD yang 'Prestasi adalah tradisi kami'.

Ia juga mengatakan jika menurut skema demografi, Indonesia akan diuntungkan, karena pada tahun 2045 nanti, Indonesia akan memasuki komposisi penduduk usia produktif lebih dari 60 persen.

"Tahun 2045 nanti, Penduduk usia produktif akan lebih dari 60 persen. Usia produktif yang mengisi sektor2 produktif dan potensial," ujar Rektor UAD, Prof Muchlas, saat membuka acara, Selasa (3/10/2023).

Rektor UAD itu mengatakan jika tidak kita siapkan secara bersama-sama, maka 2045 yang ada bukanlah bonus demografi, tapi bencana demografi.

"Kompetisi itu baik, tapi lebih baik lagi dengan kolaborasi," tambahnya.

Sebagai apresiasi atas terselenggaranya NSDC 2023 di UAD ini, ia menyatakan jika peserta yang meraih juara (juara 1, juara 2 dan juara 3) pada ajang ini, akan mendapatkan beasiswa untuk kuliah di UAD setelah mereka lulus dari jenjang pendidikan yang sedang ditempuh.

"Sebagai hadiah dan penghargaan dari UAD, untuk juara 1, juara 2 dan juara 3 akan mendapat fully scholarships atau beasiswa penuh di UAD. Setelah selesai acara, bagi juara 1, 2, dan 3 silahkan menghubungi Wakil Rektor dan Kepala BAA untuk langsung daftar dengan satu syarat, nanti harus lulus SMA nya ya," imbuhnya.

Editor : Bayu Arsita

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network