Perantauan Mudik saat Coblosan, Konsumsi BBM di Jateng-DIY Diprediksi Naik Segini

AW Wibowo
Ilustrasi konsumsi BBM saat momen Pemilu 2024 di Jateng dan DIY. Foto: Ist.

SEMARANG, iNewsSleman.id Perantauan yang pulang kampung saat Pemilu 2024 diperkirakan akan memberikan kontribusi kenaikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Pertamina monitoring secara rutin agar pasokan BBM dan elpiji di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) aman dan tercukupi.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan, perantauan yang akan kembali ke kampung halaman untuk menggunakan hak pilih,  diprediksi memberikan kontribusi kenaikan konsumsi BBM sekitar 4 persen untuk produk gasoline. Sedangkan produk gasoil diperkirakan sekitar 3 persen dari rata rata konsumsi harian normal.

Dikatakannya, rata-rata harian konsumsi normal di Jateng dan DIY adalah 12.789 kiloliter per hari untuk BBM gasoline (pertalite dan pertamax series) dan 19.455 Kiloliter per hari untuk BBM gasoil (biosolar dan dex series).

“Kami terus memastikan dan melakukan monitoring secara rutin agar pasokan serta distribusi BBM dan elpiji dalam kondisi aman dan tercukupi,” kata Brasto Galih Nugroho, Minggu (11/2/2024).

Saat hari libur pemilu, lanjutnya, tentu akan memberikan peningkatan konsumsi elpiji dengan estimasi sekitar 1,1 persen. Kenaikan konsumsi elpiji di Jateng dan DIY diperkirakan naik dari 4.667 metric ton per hari menjadi 4.718 metric ton per hari.

Editor : AW Wibowo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network