Warga Binaan Rutan Wates Gelar Doa Bersama untuk Pemilu Damai

Kuntadi
Warga binaan dan tahanan di Rutan Wates menggelar doa bersama untuk Indonesia. (foto: istimewa)

KULONPROGO,iNewssleman.id - Sebanyak 92 warga binaan dan tahanan yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Wates menggelar doa bersama menyambut Pemilu 2024. Mereka berharap Pemilu berjalan lancar dan damai.

Pengajian dan doa bersama ini dilaksanakan di aula Rutan Kelas IIB Wates ini, dihadiri Kepala Kemenag Wahib Jamil, ustaz Habib Sayidi Baraqbah dan dan pejabat di lingkungan Kanwil Kemenkumham DIY. Pengajian ini menjadi rangkaian peringatan Isra Miraj dan Pembinaan Kepribadiaan warga Binaan.

“Hari ini kami menggelar doa bersama Pemilu damai 2024, yang dirangkai dengan Isra Miraj dan pembinaan kepribadian yang sudah rutin dilaksanakan,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Wates Erik Murdiyanto, Senin (12/2/2024).

Menurutnya, di Rutan kelas IIB Wates dihuni 92 orang yang terdiri 52 tahanan dan 44 warga binaan. Selama ini sudah dilakukan pembinaan mental dan spiritual. Setidaknya sudah ada 8 orang yang khatam dan 15 orang yang hafal juz 30.

“Sisanya akan kami tingkatkan selama bulan Ramadan nanti,” katanya.

Terkait kesiapan pemilu, ada 87 yang siap untuk memberikan hak pilihnya. Sedangkan pelaksanaan pemilu juga sudah terbentuk KPPS dan sudah melaksanakan simulasi.

Kabid Pelayanan Tahanan Kesehatan Rehabilitasi Pengelolaan Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham DIY Ganang Utoyo mengatakan, kegiatan ini diharapkan bisa meredakan situasi menjelang pemilu yang sedikit memanas. Melalui kegiatan ini warga binaan dan tahanan bisa lebih siap mental dan dewasa dalam menghadapi pemilu.  

"Hari ini kami juga memantau kesiapan rutan Wates terkait pelaksanaan pemilu. Nantinya kami akan melakukan pendampingan di seluruh UPT untuk memastikan Pemilu lancar,” katanya.

Kegiatan ini juga untuk menyiapkan mental warga binaan dan menenangkan kejiwaan. Hal ini terwujud seiring pembinaan yang berjalan dengan baik.

“Tidak hanya rohani, warga binaan juga mendapatkan pendampingan pelatihan keterampilan,” katanya.  

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network