PDIP Jaring Bakal Calon Wali Kota Solo, Begini Peluang Teguh Prakosa

AW Wibowo
Pengurus DPC PDIP Solo saat memberikan keterangan pers terkait penjaringan Bakal Calon Wali Kota Solo, Senin (8/4/2024). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – PDIP mulai menjaring Bakal Calon Wali Kota yang akan diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo tahun 2024. Partai berlambang banteng moncong putih ini membuka peluang kader dari internal maupun luar partai untuk mendaftar.

“Kami mendapat surat instruksi dari DPP PDIP untuk segera melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah, dalam hal ini Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta (Solo),” kata Wakil Ketua DPC PDIP Solo, Paulus Haryoto, Senin (8/4/2024).

Menindaklanjuti instruksi dari DPP PDIP, pihaknya membentuk tim pemenangan, salah satunya tim penjaringan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Solo masa bakti 2024-2029. Penjaringan dimulai pasca-sosialisasi hingga 24 Mei 2024 pukul 24.00 WIB.

Pihaknya mempersilakan siapapun yang berminat untuk mendaftar ke sekretariat DPC PDIP Solo. Dalam instruksi, pihaknya harus segera melaporkan hasil pencaringan kepada DPP PDIP pada 31 Mei 2024.

Setelah pendaftaran selesai, tim perlu melakukan verifikasi siapa saja yang mendaftar. DPP PDIP menginstruksikan bahwa penjaringan bisa kader internal maupun eksternal partai.

“Artinya boleh kader PDI Perjuangan, tetapi bisa juga orang-orang dari luar partai, partai lain atau tokoh-tokoh masyarakat,” katanya.

Disinggung mengenai kader internal yang berpotensi maju dalam Pilkada Solo, Paulus menyebut bahwa PDIP memiliki kader potensial yang banyak. Salah satunya Teguh Prakosa yang saat ini menjabat Wakil Wali Kota Solo. Meski demikian, PDIP memberi kesempatan kepada tokoh, dan partai lain untuk turut berpartisipasi membangun Kota Solo.

Sebab PDIP merupakan partai terbuka dan tidak ego. Yang jelas, calon yang akan diusung harus memiliki komitmen bersama membangun Kota Solo sesuai visi misi dan tujuan PDIP. Pihaknya membuka koalisi dengan partai lain yang sejalan dan memungkinkan kans untuk menang.

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network