Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Ribuan Penumpang Turun di Wilayah Daop 6

AW Wibowo
Suasana penumpang kereta api yang naik turun di stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id - Daop 6 Yogyakarta mencatat ribuan penumpang kereta api (KA) jarak jauh turun di wilayahnya dua hari libur panjang Kenaikan Yesus Kristus. Stasiun Yogyakarta paling banyak menerima kedatangan penumpang pada periode tersebut.

Pada 8-9 Mei 2024 kemarin, terdapat 51.443 penumpang KA jarak jauh turun di stasiun Daop 6. Jumlah kedatangan paling banyak pada 9 Mei 2024 dengan 27.295 penumpang.  Stasiun Yogyakarta menerima kedatangan penumpang sebanyak 13.647 orang.

Kemudian disusul Stasiun Lempuyangan 6.887 penumpang, Stasiun Solobalapan 3.756 penumpang, Stasiun Klaten 837 penumpang, dan Stasiun Purwosari 829 penumpang.

“Untuk penumpang yang naik atau berangkat dari stasiun Daop 6 Yogyakarta di dua hari awal libur panjang sebanyak 39.667 orang,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro melalui siaran pers yang dikutip Sabtu (11/5/2024).

Pada libur panjang kenaikan Yesus Kristus tahun 2024, volume penumpang naik dan turun di Daop 6 diprediksi meningkat dari minggu sebelumnya pada periode yang sama. Pada 8-12 Mei 2024, volume penumpang naik dan turun di Daop 6 Yogyakarta mencapai 182.465 orang, meningkat 2,8 persen dari periode yang sama minggu sebelumnya yang mencapai 177.409 penumpang.

Daop 6 mencatat permintaan masyarakat untuk perjalanan KA di masa libur panjang cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan okupansi KA keberangkatan awal Daop 6 Yogyakarta yang mencapai 93 persen atau terjual 70.600 tiket dari yang disediakan sebanyak 75.790 tempat duduk.

Permintaan yang tinggi, membuktikan kereta api menjadi moda transportasi andalan bagi masyarakat untuk bepergian jarak jauh pada masa libur panjang. Pihaknya berharap, masyarakat yang ingin bepergian menggunakan KA jarak jauh pada masa libur panjang dapat memanfaatkan tiket yang masih tersedia.

“Masyarakat yang belum memiliki tiket, dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, atau chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI,”ucapnya.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Dalam menyediakan transportasi kereta api, khususnya di masa long weekend, Daop 6 Yogyakarta memastikan akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga, momen liburan bersama keluarga atau relasi dapat dinikmati dengan nyaman dan menyenangkan.

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network