60 Anggota PPK Kulonprogo Dilantik, KPU: Integritas Harus Dijalankan

Kuntadi
Ketua KPU Kulonprogo Budi Priyana melantik 60 anggota PPK se-Kulonprogo, Kamis (16/5/2024). (foto: kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo telah menyelesaikan satu tahapan dalam pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil Bupati Kulonprogo tahun 2024. Mereka berhasil membetuk panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang tersebar di 12 kapanewon. 

“Pemilihan bupati dan wakil bupati tinggal 195 hari lagi. Saat ini kami sudah melantik dan mengambil sumpah anggota PPK yang akan dilanjutkan pembentukan PPS,” kata Ketua KPU Kulonprogo Budi Priyana di sela Pengambilan Sumpah, Janji dan Pelantikan serta Orientasi Tugas PPK Pemilihan Bupati dan Wabup Kulonprogo tahun 2024, Kamis (16/5/2024). 

Menurutnya, setiap PPK harus menandatangi pakta integritas untuk melaksanakan pilkada secara langsung umum bebas dan rahasia serta jujur dan adil. Pakta integritas ini harus diimplementasikan dalam menjalankan tugas. 

“Kami juga mengakomodir unsur keterwakilan perempuan. Dari 60 anggota PPK, 38,4 di antaranya perempuan,” ujarnya. 

Sekda Kulonprogo Triyono mengatakan, PPK merupakan kelompok yang terlibat langsung dalam penyelenggaran pemilu maupun pilkada. Mereka bertanggungjawab dalam proses pemilihan di tingkat kapanewon. PPK harus bekerja dengan jujur dan penuh dengan amanah dan tanggungjawab. 

“PPK harus menciptakan pilkada jujur, lancar dan tertib, Selamat mengemban amanah dengan penuh tanggungjawab,” katanya. 

Triyono juga mengingatkan kepada angota PPK untuk menghindari sikap provokatif. Mereka harus menjunjung tinggi netralitas dan tidak bermain-main di media sosial. 

“Keamanan dan ketertiban masyarakat harus dijaga. Pilihan boleh beda, pendapat boleh tidak sama, tetapi harus menghargai pilihan satu sama lain agar aman dan tertib,” katanya. 

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network