Prospek Cuaca Akhir Pekan di Jogja Cerah Berawan, Begini Penjelasan BMKG

Kuntadi
BMKG prediksikan cuaca Jogja dalam tiga hari ke depan cerah cerah berawan. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, iNewssleman.id - Prospek cuaca di wilayah DIY selama tiga hari ke depan (17-19 Mei 2024) didominasi cerah berawan. Potensi hujan semakin berkurang.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono mengatakan, dari hasil analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta mengidentifikasi adanya angin di wilayah Pulau Jawa didominasi angin timuran dan tidak terpantau pola cuaca yang  signifikan. Sedangkan Suhu Muka Laut (SML) baik dalam skala harian maupun mingguan di Laut Jawa terpantau cukup hangat sebesar 26–28 celsius. Namun Anomali Suhu Muka Lautnya terpantau negatif (dingin) yaitu sebesar (-1,0)–(-2,0)Celsius.

“Sehingga potensi penguapan atau kandungan uap air dalam atmosfer tidak terlalu signifikan,” ujarnya. 

Marjono mengatakan, hasil analisis terkini profil vertikal kelembapan udara terkini tanggal 16 Mei 2024 pukul 07.00 WIB di wilayah DIY pada ketinggian 1,5–3,0 km (level 850-700 mb) berkisar antara 30–90 persen(cukup basah). Meskipun di lapisan bawah (850 mb) kelembapan udara cukup basah (70–90 persen) namun di lapisan atas (700 mb) cukup kering (30–70 persen) sehingga potensi pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan berkurang.

Dari pengamatan ini, kondisi cuaca di DIY pada 17 Mei diperkirakan cerah berawan di seluruh wilayah DIY. Sedangkan pada 18 Mei 2024, potensi hujan ringan di Sleman utara. Sedangkan pada 19 Mei 2024 seluruh wilayah di DIY cerah berawan. 
 
“Masyarakat yang membutuhkan informasi terkini bisa mnegakses di website BMKG dan akun media sosial BMKG,” katanya.  

Editor : Wisnu Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network