Rekomendasi 5 Tempat Ikonik di Sekitar Stasiun Solo Balapan, Mudah Dijangkau Moda Transportasi

AW Wibowo
Rekomendasi 5 tempat ikonik di sekitar Stasiun Solo Balapan. Suasana penumpang di Stasiun Solo Balapan. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSleman.id – Rekomendasi 5 tempat ikonik di sekitar Stasiun Solo Balapan. Stasiun Solo Balapan merupakan stasiun kereta api (KA) dengan jumlah penumpang terpadat di Kota Solo

Stasiun Solo Balapan memiliki jumlah rata-rata penumpang sekitar 2.000 orang pada hari biasa, dan 3.000 orang pada masa peak season. Jumlah penumpang KA yang naik dan turun dari Stasiun Solo Balapan terus meningkat dalam 3 tahun terakhir, terhitung mulai tahun 2021 hingga 2023. 

Pada tahun 2021, KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat volume penumpang KA jarak jauh di Stasiun Solo Balapan sebanyak 414.833 pelanggan. Kemudian di 2022 sebanyak 1.304.906 pelanggan, dan di 2023 sebanyak 2.042.535 pelanggan. 

Untuk tahun 2024 semester I, Daop 6 Yogyakarta telah mencatat volume penumpang KA jarak jauh di Stasiun Solo Balapan sebanyak 1.224.786 pelanggan dan diperkirakan akan meningkat dibanding tahun 2023.

“Dengan letaknya yang strategis dan berada di jantung Kota Solo, didukung oleh integrasi moda transportasi yang sangat lengkap, masyarakat dapat menempuh berbagai tempat ikonik di sekitarnya dengan sangat mudah,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Minggu (4/8/2024). 

Berikut Rekomendasi 5 tempat ikonik di sekitar Stasiun Solo Balapan: 

1. Masjid Raya Sheikh Zayed
Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan ikon baru di Solo yang baru diresmikan pada November 2022. Masjid ini berdiri megah dengan jarak 1,7 km dari Stasiun Solo Balapan, tepatnya di Jalan Ahmad Yani No 128 Gilingan, Kecamatan. Banjarsari, Kota Solo.

Masjid ini dapat menampung hingga 10.000 jemaah dengan fasilitas lengkap, meliputi perpustakaan, ruang VIP, ruang pengelola, taman, dan basement untuk wudhu pria dan wanita. Selain tempat ibadah, masjid ini juga menjadi destinasi wisata religi dan akan memiliki Islamic Center sebagai pusat pendidikan dan pengajaran Islam. 

Islamic Center ini nantinya akan mengadakan kegiatan seperti tafsir Alquran, Taman Pendidikan Alquran (TPA), madrasah, dan juga menjadi pusat pengembangan ekonomi syariah dengan produk halal.

2. Puro Mangkunegaran dan Pracima Tuin
Pura Mangkunegaran menjadi tempat wisata dekat Stasiun Solo Balapan selanjutnya dengan jarak sekitar 1,9 km. Alamat lengkapnya adalah di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Dengan datang ke Pura Mangkunegaran, pengunjung dapat mengetahui sejarah dan bagian-bagiannya. Pura Mangkunegaran juga seringkali menyelenggarakan event yang sangat seru untuk dikunjungi. Kemudian Pracima Tuin yang masih berada di area Pura Mangkunegaran merupakan tempat wisata di Solo yang menawarkan pengalaman makan dan suasana ala kerajaan Jawa.

Pracima Tuin terdiri atas dua bagian utama, yaitu Restoran Pracimasana dan taman yang di dalamnya memuat air mancur, tanaman, kolam, beberapa bagian lainnnya. Pengunjung yang berkunjung ke Pracima Tuin dapat menikmati dua bagian ini sekaligus.

3. Keraton Kasunanan Surakarta
Selain Pura Mangkunegaran, Kota Solo juga memiliki bangunan kerajaan lainnya, yaitu Keraton Kasunanan Surakarta. Keraton ini 3,3 km dari Stasiun Solo Balapan, tepatnya di Jalan Kamandungan, Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mempunyai museum yang menyimpan berbagai koleksi. Wisatawan dapat melihat berbagai macam peninggalan khas keraton, mulai dari pernak-pernik yang digunakan keluarga raja, hadiah dari para raja Eropa, alat musik gamelan, replika pusaka keraton, dan lainnya. 

4. Taman Bale Kambang
Siapa tidak kenal Taman Bale Kambang, tempat wisata ikonik di Solo yang berlokasi di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Jaraknya dari Stasiun Solo Balapan sekitar 2,3 kilometer.

Taman Bale Kambang kini telah mendapatkan revitalisasi yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata ini memiliki konsep Taman Ekologi Budaya Jawa yang menggabungkan kelestarian alam dan kearifan lokal Solo.

5. Galeri Lokananta
Galeri Lokananta dulunya adalah perusahaan rekaman dan piringan hitam yang tersohor di Indonesia. Pada tahun 2022, lokasi ini direvitalisasi dan dijadikan sebagai tempat wisata dengan julukan cagar budaya musik Indonesia.

Galeri Lokananta berjarak sekitar 3,6 km dari Stasiun Solo Balapan, tepatnya di Kerten, Laweyan, Kota Solo. Di sini, pengunjung akan diajak mengenal perjalanan industri musik, rekaman, dan piringan hitam di Indonesia.

Demikian rekomendasi 5 tempat ikonik di sekitar Stasiun Solo Balapan. Sebagai upaya untuk selalu memenuhi harapan pelanggan, Daop 6 Yogyakarta terus melakukan peningkatan layanan di Stasiun Solo Balapan. Sehingga para pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik ketika mengunjungi Kota Solo.

Editor : AW Wibowo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network